REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Raksasa produsen mobil listrik China, BYD akan meluncurkan dua model mobil listrik bulan ini. Kedua model listrik andalan BYD yakni Han L dan Tang L akan secara resmi memasuki pasar pada 9 April.
BYD telah membuka prapenjualan untuk Han L dan Tang L di China dengan kisaran harga Rp 626 juta sampai Rp 811 juta dan Rp 649 juta sampai Rp 834 juta.
Kedua model ini, seperti dilansir Carnewschina.com, Senin (7/4/2025), dibangun di atas Super e-Platform BYD. Mobil ini dilengkapi motor 30.000 RPM, arsitektur tegangan tinggi 1000V, dan baterai pengisian cepat, yang memiliki arus pengisian 1000A, laju pengisian 10C, dan dapat mengisi daya 1 detik sejauh 2 km. Didukung oleh dua sistem pengisian cepat.
Selain itu, motor 30.000 RPM memiliki frekuensi rotasi hingga 30.511 putaran per menit dan rasio daya terhadap berat 16,4 kW/kg (22 hp/kg).
Han L EV
Sedan BYD Han L EV memiliki dimensi 5050/1960/1505 mm dan jarak sumbu roda 2970 mm, yang lebih panjang 55 mm dan jarak sumbu roda bertambah 50 mm dibandingkan dengan model Han saat ini. Mengadopsi konsep desain Loong Face dan bentuk fastback, Han L EV memiliki koefisien hambatan sebesar 0,23Cd.
Dua versi powertrain ditawarkan untuk dipilih konsumen. RWD memiliki daya maksimum 500 kW (670 hp) sedangkan AWD memiliki daya maksimum 810 kW (1.086 hp) dengan 230 kW di depan/580 kW di belakang, dipadukan dengan paket baterai Blade LFP generasi kedua BYD 83.212 kWh, yang menyediakan jangkauan CLTC masing-masing 701 km dan 601 km untuk RWD dan AWD.
Kecepatan tertinggi resmi yang dinyatakan adalah 270 km/jam, tetapi kecepatan tertinggi yang diuji di dunia nyata adalah 305 km/jam. Lebih jauh lagi, Tang L EV dapat berakselerasi dari 0 – 100 km/jam dalam 2,7 detik.
Pada saat yang sama, sistem pengemudian cerdas canggih BYD “God’s Eye” B (DiPilot 300) yang didukung oleh lidar atap, kamera depan, kamera belakang, dan peta definisi tinggi untuk mewujudkan Navigasi Autopilot (NOA) di dalam kota dan jalan raya serta fungsi bantuan parkir.
Tang L EV
Tang L EV berukuran 5040/1996/1760 mm dengan jarak sumbu roda 2950 mm, yang 170 mm lebih panjang dan jarak sumbu roda 130 mm lebih panjang dari model Tang saat ini. Dari segi tenaga, Tang L EV memiliki spesifikasi yang mirip dengan Han L EV, kecuali seluruh seri dilengkapi dengan paket baterai BYD Blade LFP generasi kedua berkapasitas 100.531 kWh. RWD memiliki jangkauan CLTC sejauh 670 km, AWD standar memiliki jangkauan CLTC sejauh 600 km, dan versi AWD sistem drone yang dipasang di kendaraan memiliki jangkauan CLTC sejauh 560 km.
Lebih jauh lagi, kecepatan tertinggi resmi BYD Tang L EV adalah 265 km/jam, kecepatan tertinggi yang diuji sesungguhnya adalah 287 km/jam, dan waktu akselerasi 0 – 100 km/jam adalah 3,6 detik.
Tang L EV juga dilengkapi dengan sistem pengemudian cerdas B “God’s Eye” milik BYD.
Di bagian dalam, interiornya mengadopsi tata letak 2+3+2 7 kursi dengan kursi depan mendukung fungsi pemanas, ventilasi, dan pijat. Kursi baris kedua dan ketiga dapat dilipat untuk memperluas volume bagasi belakang hingga 1.960 L selain volume bagasi depan 136 L.
Tata letak kokpit dan konsol tengah mirip dengan BYD Han L EV dan dilengkapi dengan sistem DiLink 5.0 milik BYD. Ada layar kontrol sentral putar berukuran 15,6 inci, AR-HUD, roda kemudi dengan alas datar, panel instrumen LCD tertanam di belakang roda kemudi, pengisian daya nirkabel di konsol tengah, dan lemari es di dalam mobil.