Senin 24 Mar 2025 06:35 WIB

KAI Bandara Prediksi Lonjakan Penumpang Lebaran hingga 11 Persen 

KAO Bandara imbau penumpang memesan tiket lebih awal.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Petugas kebersihan melintas di samping kereta api Railink di Stasiun Besar Medan, Sumatra Utara, Kamis (2/1/2021).  Manajemen PT Railink mulai mengoperasikan kembali 20 jadwal perjalanan kereta Bandara Kualanamu per hari,  setelah sempat berhenti operasi sementara sejak 21 Juli–31 Agustus 2021 yang lalu.
Foto: ANTARA/Fransisco Carolio
Petugas kebersihan melintas di samping kereta api Railink di Stasiun Besar Medan, Sumatra Utara, Kamis (2/1/2021). Manajemen PT Railink mulai mengoperasikan kembali 20 jadwal perjalanan kereta Bandara Kualanamu per hari, setelah sempat berhenti operasi sementara sejak 21 Juli–31 Agustus 2021 yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Railink mempersiapkan layanan menyambut masa angkutan Lebaran 2025. Direktur Utama Railink Porwanto Handry Nugroho menyampaikan berdasarkan tren pertumbuhan penumpang di tahun-tahun sebelumnya, serta data tahun ini, pihaknya memprediksi terjadi peningkatan jumlah pengguna KAI Bandara sebesar 11,10 persen dibandingkan 2024. 

"Pada musim Lebaran 2025, KAI Bandara menyiapkan 414.518 tempat duduk, meningkat dari 373.108 tempat duduk yang disediakan pada tahun 2024," ujar Porwanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (23/3/2025).

Baca Juga

Untuk mendukung peningkatan tersebut, ucap Porwanto, KA Bandara di Yogyakarta akan mengoperasikan 50 perjalanan per hari, yang terdiri atas 24 perjalanan KA YIA Reguler dan 26 perjalanan KA YIA Ekspres. Sementara itu, di KA Bandara Medan akan dioperasikan 44 perjalanan per hari, yang mencakup 24 perjalanan KA Srilelawangsa relasi Medan-Kualanamu, 17 perjalanan KA Srilelawangsa relasi Medan - Binjai, serta tiga perjalanan KA Srilelawangsa relasi Medan - Binjai - Kualabingai.

Manager Komunikasi Perusahaan Railink Ayep menyampaikan terdapat tiga stasiun utama yang beroperasi di Area Yogyakarta, yakni Stasiun Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun Yogyakarta International Airport (YIA). Adapun di  Medan, layanan KAI Bandara meliputi tujuh stasiun, yaitu Stasiun Kuala Bingai, Stasiun Binjai, Stasiun Medan, Stasiun Bandar Khalipah, Stasiun Batang Kuis, Stasiun Araskabu, dan Stasiun Bandara Kualanamu.

"Guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan selama periode angkutan Lebaran, KAI Bandara juga menambah delapan petugas Customer Service Mobile serta menurunkan 110 personel pengamanan demi memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api bandara," ujar Ayep.  

Ayep mengatakan KAI Bandara berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, khususnya selama periode angkutan Lebaran, melalui penyediaan perjalanan yang aman dan nyaman. Railink, lanjut Ayep, juga mengimbau para penumpang untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal guna memastikan ketersediaan tempat duduk. 

"Penumpang juga diingatkan untuk memilih jadwal keberangkatan KA Bandara dengan waktu yang cukup sebelum penerbangan minimal dua jam sebelum keberangkatan penerbangan domestik dan tiga jam sebelum keberangkatan penerbangan internasional," kata Ayep. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement