Senin 03 Mar 2025 14:35 WIB

Ramadhan, KAI Sediakan Takjil Gratis untuk Penumpang

Program ini akan berlangsung selama 10 hari, dari H-10 hingga H-1 Lebaran.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
Sejumlah penumpang kereta api jarak jauh menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Selama momen Ramadhan, KAI menyiapkan takjil bagi penumpang yang berpuasa. (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah penumpang kereta api jarak jauh menunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Selama momen Ramadhan, KAI menyiapkan takjil bagi penumpang yang berpuasa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyiapkan kapasitas hingga 3.443.832 tiket Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) untuk periode keberangkatan 21 Maret-11 April 2025 atau selama 22 hari. Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang melakukan perjalanan selama bulan suci Ramadhan, Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan KAI kembali menghadirkan program berbagi takjil gratis di berbagai stasiun. 

"Program ini akan berlangsung selama 10 hari, dari H-10 hingga H-1 Lebaran, dengan total 34.400 paket takjil yang dibagikan di 21 stasiun besar menjelang waktu berbuka puasa," ujar Anne dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (2/3/2025) lalu.

 

Anne menyampaikan inisiatif ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang berbuka puasa di perjalanan maupun di area stasiun. Anne mengatakan pemberian takjil ini merupakan bentuk kepedulian kepada pelanggan yang sedang dalam perjalanan menjelang waktu berbuka.

 

"Hingga Ahad (2/3/2025) pukul 07.00 WIB, KAI mencatat penjualan tiket KA JJ Lebaran telah mencapai 1.486.649 tiket, atau 43,17 persen dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 3.443.832 tiket," ucap Anne. 

 

Anne menyampaikan tren penjualan menunjukkan puncak permintaan terjadi pada H-3 atau 28 Maret 2025, dengan penjualan mencapai 102.233 tiket pada tanggal tersebut. Angka ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat periode pemesanan masih berlangsung.

 

Untuk memastikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman bagi pelanggan, lanjut Anne, KAI telah menyiapkan berbagai peningkatan layanan selama masa angkutan Lebaran 2025. Salah satu langkah strategis yang dilakukan adalah penempatan 170 petugas Customer Service Mobile (CSM) di 39 stasiun di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre). 

 

"Para petugas ini bertugas memberikan informasi dan membantu pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan mereka," sambung Anne. 

 

Anne menyampaikan KAI juga terus memperluas penyediaan water station guna mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai. Empat stasiun tambahan, yakni Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo, kini telah dilengkapi dengan fasilitas ini. 

 

"Dengan demikian, total 28 stasiun kini menyediakan water station, memungkinkan pelanggan untuk mengisi ulang air minum secara mandiri dan mendukung gaya hidup ramah lingkungan," kata Anne. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement