REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) (TASPEN) terus menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta melalui transformasi digital dan inovasi berbasis teknologi terkini. Berkat upaya tersebut, TASPEN berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2024 yang diselenggarakan oleh Business Asia Indonesia.
Penghargaan tersebut meliputi kategori Best Digital Innovation and Implementation 2024 serta kategori Best CEO of The Year 2024, yang diberikan kepada Plt. Direktur Utama TASPEN, Rony Hanityo Aprianto. Penghargaan diserahkan oleh Ketua Penyelenggara Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2024, Jamalul Izza, kepada Corporate Secretary TASPEN, Henra, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta, pada Rabu (11/12/2024).
Corporate Secretary TASPEN, Henra, mengungkapkan kebanggaannya menerima penghargaan Indonesia Digital Innovation and Achievement Awards 2024 untuk ketiga kalinya berturut-turut. Penghargaan ini membuktikan komitmen TASPEN dalam transformasi digital untuk menghadirkan layanan inovatif yang andal dan berfokus pada peserta.
"Terima kasih kepada seluruh Insan TASPEN atas dedikasi, dukungan, dan kerja kerasnya, sehingga TASPEN terus meningkatkan layanan dan mempermudah akses bagi peserta," katanya.
Pada tahun 2024, TASPEN memperkenalkan superapps Andal by Taspen, sebuah aplikasi berbasis online terintegrasi yang dirancang untuk mempermudah peserta dalam mengakses berbagai layanan. Aplikasi ini mencakup fitur-fitur seperti Akses Informasi Kartu Digital, Pengajuan Klaim Online, Lacak Pengajuan Online,Informasi Pensiun Bulanan, Autentikasi Berkala, Estimasi Manfaat Tabungan Hari Tua (THT) dan Pensiun,Unduh Formulir Pengajuan Klaim, dan masih banyak lagi.
Penghargaan Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2024 ini berhasil TASPEN peroleh berdasarkan penilaian pada Keterbukaan (Transparency), Akuntabilitas (Accountability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Kemandirian (Independency), Kesetaraan, dan Kewajaran (Fairness).
“Mulai 1 Januari 2025, aplikasi Andal by Taspen akan resmi dapat digunakan oleh peserta di seluruh Indonesia. Peserta sudah dapat mengunduh aplikasi ini sekarang dan menikmati berbagai kemudahan layanan TASPEN. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi Call Center TASPEN di 1500 919 dan melalui sosial media resmi TASPEN, serta situs resmi TASPEN di www.taspen.co.id,” ujar Henra.
Seluruh data peserta TASPEN dalam superapps Andal by Taspen telah terintegrasi dengan berbagai instansi, termasuk Pemerintah Daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara, Sekretariat Negara, Kementerian Keuangan, Badan Siber dan Sandi Negara, Kementerian Agama, serta seluruh mitra bayar TASPEN. Melalui aplikasi ini, peserta pensiun dapat melakukan autentikasi dengan fitur swafoto, sehingga mempermudah mereka dalam menerima hakmanfaat Program Pensiun.
Selain itu, untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data peserta, TASPEN menerapkan sistem keamanan bersertifikasi ISO 27001:2013 yang berstandar internasional untuk keamanan informasi. Sistem ini mencakup perlindungan jaringan, manajemen identitas, keamanan data, perlindungan titik akhir, dan keamanan server.
Langkah ini sejalan dengan semangat Kementerian BUMN sesuai arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menekankan pentingnya meningkatkan keamanan data masyarakat, memperbaiki proses bisnis, dan mendorong layanan digital yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.