Selasa 20 Aug 2024 20:58 WIB

Tesla akan Dapatkan Tarif UE yang Lebih Rendah untuk Kendaraan Listrik Buatan China

UE memangkas tarif untuk impor Tesla buatan China menjadi 9 persen.

Seorang pengunjung mengambil gambar sedan Model 3 Tesla yang dipamerkan di Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (CIFTIS) di Beijing, China, 2 September 2023. 
Foto: REUTERS
Seorang pengunjung mengambil gambar sedan Model 3 Tesla yang dipamerkan di Pameran Perdagangan Jasa Internasional China (CIFTIS) di Beijing, China, 2 September 2023. 

REPUBLIKA.CO.ID,BRUSSELS - Tesla akan mendapatkan pengurangan tarif untuk mobil buatan China yang diekspor ke Uni Eropa setelah eksekutif blok tersebut merevisi pada Selasa (20/8/2024) bea masuk yang diusulkan untuk impor kendaraan listrik buatan China.

Revisi tersebut merupakan bagian dari rancangan temuan yang dikeluarkan oleh Komisi Eropa dalam investigasi UE yang paling menonjol atas dugaan subsidi China, yang telah memicu ancaman pembalasan dari Beijing.

Baca Juga

Komisi, yang mengawasi kebijakan perdagangan blok tersebut, mengatakan tarif yang diusulkan diperlukan untuk menyamakan kedudukan dan melawan apa yang disebutnya sebagai subsidi yang tidak adil.

Komisi tersebut menetapkan tarif baru yang dikurangi sebesar 9 persen untuk Tesla, lebih rendah dari 20,8 persen yang telah ditunjukkan pada bulan Juli, dan mengatakan beberapa perusahaan China dalam usaha patungan dengan produsen mobil UE mungkin menerima bea masuk yang direncanakan lebih rendah untuk impor EV buatan China. Tarif tersebut berada di atas bea masuk standar UE sebesar 10 persen atas impor mobil.

Tesla telah meminta penghitungan ulang tarifnya, yang akan didasarkan pada subsidi spesifik yang telah diterima perusahaan tersebut. Komisi mengatakan pada hari Selasa bahwa mereka telah memverifikasi bahwa perusahaan AS tersebut menerima lebih sedikit subsidi dari pemerintah Tiongkok dibandingkan dengan pembuat kendaraan listrik negara tersebut yang telah diselidiki oleh Brussels.

Komisi mengatakan bahwa mereka masih percaya bahwa produksi kendaraan listrik Tiongkok telah diuntungkan oleh subsidi yang besar dan mengusulkan bea masuk akhir hingga 36,3 persen. Itu sedikit lebih rendah dari bea masuk sementara maksimum sebesar 37,6 persen yang ditetapkan pada bulan Juli untuk perusahaan yang tidak bekerja sama dengan investigasi anti-subsidi UE.

Tesla termasuk di antara perusahaan yang digolongkan bekerja sama dengan investigasi UE. Komisi mengatakan bahwa ketiga perusahaan yang telah diambil sampelnya masing-masing akan menerima bea masuk sementara yang sedikit lebih rendah. Untuk perusahaan kendaraan listrik raksasa Tiongkok BYD disebutkan tarifnya adalah 17,0 persen, Geely 19,3 persen dan SAIC 36,3 persen.

Pada bulan Juli, Komisi menetapkan bea masuk sementara antara 17,4 persen dan 37,6 persen. Untuk BYD arif tambahannya adalah 17,4 persen, Geely 19,9 persen, dan SAIC 37,6 persen.

Perusahaan Tiongkok yang melakukan usaha patungan dengan produsen UE juga dapat memenuhi syarat untuk tarif bea masuk yang lebih rendah yang direncanakan untuk perusahaan Tiongkok tempat mereka terintegrasi - dibandingkan dengan secara otomatis menerima tarif tertinggi, kata Komisi.

Penyelidikan sedang berlangsung

Tarif yang direncanakan adalah draf dari apa yang bisa menjadi tindakan akhir UE terhadap kendaraan listrik buatan Tiongkok setelah penyelidikannya selesai dalam waktu sekitar dua bulan.

Pihak yang berkepentingan memiliki waktu hingga 30 Agustus untuk menyampaikan komentar mereka tentang temuan Komisi.

Usulan bea masuk akhir akan tunduk pada pemungutan suara oleh 27 negara anggota UE. Usulan Komisi akan dilaksanakan kecuali mayoritas yang memenuhi syarat dari 15 anggota UE yang mewakili 65 persen populasi UE memberikan suara menentang.

Ini adalah rintangan tinggi yang jarang tercapai, meskipun ini adalah berkas yang bermuatan politis.

Dalam pemungutan suara penasehat pada bulan Juli, 12 anggota UE mendukung bea masuk sementara, empat memberikan suara menentang dan 11 abstain, kata sumber.

Bea masuk definitif harus berlaku paling lambat 30 Oktober. Bea masuk biasanya berlaku selama lima tahun.

Sampai saat itu, Brussels dan Beijing masih dapat menyelesaikan kompromi untuk menghindari atau melunakkan bea masuk. Sementara itu, Tiongkok telah mengajukan tantangan ke Organisasi Perdagangan Dunia.

Komisi memperkirakan pangsa pasar merek-merek China di pasar UE telah meningkat menjadi 8 persen dari di bawah 1 persen pada tahun 2019 dan dapat mencapai 15 persen pada tahun 2025. Komisi mengatakan harga biasanya 20 persen di bawah harga model buatan UE.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement