Sabtu 17 Aug 2024 08:29 WIB

Hanya Butuh 10 Menit, Ini Mobil Listrik dengan Pengisian Daya Baterai Tercepat di Dunia

Sebelum ini pengisian daya baterai 10 persen-80 persen tercepat butuh 30 menit.

Mobil listrik Zeekr 007 hanya membutuhkan waktu 10,5 menit untuk mengisi daya listrik baterai dari 10 persen hingga 80 persen.
Foto: Zeekr
Mobil listrik Zeekr 007 hanya membutuhkan waktu 10,5 menit untuk mengisi daya listrik baterai dari 10 persen hingga 80 persen.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Merek kendaraan listrik asal Tiongkok, Zeekr, mengklaim baterai baru yang pertama kali digunakan pada sedan listrik 007 miliknya pengisian dayanya merupakan yang tercepat di dunia.

Zeekr mengumumkan pekan ini baterai tersebut memungkinkan kendaraan untuk mengisi daya dari 10 persen hingga 80 persen hanya dalam waktu 10,5 menit pada suhu normal, Bahkan pada suhu serendah 14 derajat Fahrenheit, Zeekr mengklaim pengisian daya 10 persen-80 persen masih dapat dilakukan dalam waktu 30 menit berkat "sistem manajemen baterai yang ditingkatkan."

Baca Juga

Relatif sedikit kendaraan listrik masa kini yang dapat mengisi daya dari 10 persen-80 persen—yang biasanya dianggap sebagai tolok ukur pengisian daya kendaraan listrik untuk perjalanan darat—dalam waktu kurang dari 30 menit dalam kondisi apa pun. Kendaraan listrik dengan pengisian daya tercepat yang dijual di AS umumnya dapat mengisi daya 10 persen-80 persen dalam waktu 18-22 menit.

Model pertama yang mendapatkan baterai baru ini dan memanfaatkan kecepatan pengisian tercepat adalah sedan Zeekr 007, yang mulai dikirim bulan ini. Mobil ini bergabung dengan hatchback 001, minivan 009, dan crossover Zeekr X dalam jajaran merek yang relatif baru ini dari konglomerat otomotif Tiongkok Geely, yang juga merupakan perusahaan induk Volvo, Polestar, dan Lotus.

Zeekr menggunakan kimia litium besi fosfat (LFP), yang umumnya digunakan di Tiongkok tetapi juga diadopsi oleh produsen mobil AS seperti Tesla dan Ford. Zeekr mengklaim "material yang dioptimalkan dan teknologi yang ditingkatkan" membantunya mencapai kinerja pengisian ini, tetapi bukan satu-satunya perusahaan yang membuat klaim berani tentang baterai LFP. Perusahaan baterai Tiongkok CATL pada tahun 2023 mengatakan baterai LFP generasi berikutnya dapat menambah jarak tempuh 250 mil dalam 10 menit pengisian.

Baterai pengisian tercepat juga memerlukan stasiun pengisian daya tinggi. Dalam rilisnya, Zeekr mengatakan telah membuka 500 stasiun pengisian daya cepat yang dapat mendukung pengisian daya 800 volt, dengan total lebih dari 2.700 konektor individual, di pasar asalnya, Tiongkok. Merek tersebut berencana untuk memperluas jaringan ke lebih dari 1.000 stasiun pengisian daya tahun ini, dan menargetkan untuk mengoperasikan lebih dari 10.000 konektor pada tahun 2026.

sumber : greencarreports.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement