Jumat 02 Aug 2024 15:12 WIB

Wakil Ketua BKSAP Ajak Delegasi Peserta IPPP Kunjungi Sarinah

BKSAP mendorong perdagangan dan kerja sama ekonomi yang berkelanjutan.

 Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana (kanan) bersama Ketua Parlemen dari Tonga yaitu Lord Fatafehi Fakafanua (kiri) mengunjungi Sarinah Thamrin, Jakarta.
Foto: ANTARA/HO-DPR
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana (kanan) bersama Ketua Parlemen dari Tonga yaitu Lord Fatafehi Fakafanua (kiri) mengunjungi Sarinah Thamrin, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengajak sejumlah delegasi peserta Forum Kedua Indonesia-Pasific Parliamentary Partnership (IPPP) berkunjung ke pusat perbelanjaan bernuansa seni dan budaya, yakni Sarinah Thamrin, Jakarta. Menurut dia, Sarinah merupakan satu sejarah yang patut diketahui oleh berbagai negara.

Dia mengatakan, Sarinah menampilkan komitmen BUMN dalam menghadirkan produk seni budaya dan produk lokal dari berbagai provinsi di Indonesia. "Jika kita lihat memang banyak di sana ada kain tenun, batik, baju-baju batik, belum lagi kerajinan tangan, banyak ukiran, kerajinan besi dan suvenir lainnya yang menunjukkan kekayaan seni budaya Indonesia," kata Putu dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Kamis.

Selain itu, menurut dia,  Sarinah yang telah didirikan sejak tahun 1963 merupakan mal yang bersejarah karena diprakarsai oleh Bapak Proklamator Kemerdekaan, Presiden Soekarno. Sarinah yang berlokasi di Jalan Thamrin, Jakarta, itu pun menjadi pusat perbelanjaan pertama di Indonesia.

Dalam kunjungan itu, dia juga menunjukkan batik sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia dan justru banyak pihak memakainya, baik tokoh-tokoh Indonesia maupun para tokoh di dunia. Misalnya tokoh dari Afrika Selatan, Nelson Mandela, menurutnya sangat cinta menggunakan batik Indonesia.

“Presiden Nelson Mandela hadir mengenakan batik dalam berbagai acara kenegaraan di forum nasional maupun internasional, termasuk di forum PBB," kata dia.

Dengan adanya gelaran IPPP itu, Putu memastikan parlemen Indonesia bersama parlemen negara kepulauan pasifik berkomitmen untuk terus mengawal perdamaian dan keamanan kawasan.

​​​​​

​​​​​​Dia juga mendorong perdagangan dan kerja sama ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif sesuai dengan konsep ekonomi hijau, termasuk investasi hijau demi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

“Berikutnya adalah hubungan sosio-kultural, di mana kita ingin masyarakat kedua kawasan meningkatkan hubungan people-to-people, salah satunya melalui budaya maupun pariwisata,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement