Selasa 15 Aug 2023 13:01 WIB

Tak Sekadar Mal, IHC Usung Sarinah Sebagai Wisata Medis

Sekitar 70 kantong darah yang terkumpul kurun waktu tiga jam.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Holding Rumah Sakit (RS) BUMN bersama PT Sarinah menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah dan health talk dalam rangka momentum HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 
Foto: Sarinah
PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Holding Rumah Sakit (RS) BUMN bersama PT Sarinah menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah dan health talk dalam rangka momentum HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina Bina Medika - Indonesia Healthcare Corporation (IHC) atau Holding Rumah Sakit (RS) BUMN bersama PT Sarinah menyelenggarakan kegiatan sosial donor darah dan health talk dalam rangka momentum HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Direktur Medis PT Pertamina Bina Medika IHC Lia Gardenia Partakusuma mengatakan sinergi ini bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Lia menyampaikan sekitar 70 kantong darah yang terkumpul kurun waktu tiga jam dari pekerja maupun pengunjung Sarinah.

Baca Juga

"Donor darah pada edisi kemerdekaan tahun ini berlokasi di pusat perbelanjaan Sarinah, diharapkan selain berbelanja masyarakat juga ikut peduli terhadap kesehatan sekaligus antar sesama dengan berpartisipasi donor darah," ujar Lia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Menurut Lia, donor darah selain bermanfaat untuk membantu pasien yang membutuhkan, juga berdampak baik bagi kesehatan pendonor. Lia melanjutkan, donor darah juga dapat menyegarkan tubuh, apalagi dilakukan secara rutin. Lia berharap, wisata medis Indonesia yang saat ini sedang digaungkan pemerintah dan juga  Holding RS BUMN dapat dimulai dari langkah sederhana yakni adanya layanan kesehatan di pusat perbelanjaan. 

"Sehingga, masyarakat ke mal tidak hanya untuk berbelanja namun dapat dijadikan sebagai wisata medis sebagai pelengkap ekosistem baru di pusat perbelanjaan," ucap Lia.

Lia mengatakan kegiatan donor darah dan health talk juga bagian dari implementasi TJSL dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya untuk kehidupan yang sehat dan pendidikan yang berkualitas. 

Sementara itu, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan Human Capital PT Sarinah, Albert Aulia Ilyas mengapresiasi langkah Holding RS BUMN dalam menjadikan pusat perbelanjaan Sarinah untuk ikut berperan dalam ekosistem wisata medis Indonesia. Albert mengatakan Sarinah juga terus mensosialisasikan kepada pegawai akan pentingnya kesehatan dan menganjurkan karyawannya untuk melakukan donor darah secara rutin. 

"Sarinah juga hadir di beberapa kota di Indonesia, kami membuka peluang sinergi untuk bersama-sama mewujudkan ekosistem wisata medis Indonesia melalui pusat perbelanjaan," kata Albert.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement