Kamis 18 Jul 2024 18:41 WIB

Sri Mulyani Semringah Sambut Kedatangan Thomas Djiwandono

Pelantikan Thomas Djiwandono bertepatan dengan Kemenkeu yang sedang menyusun RAPBN.

Rep: Eva Rianti/ Red: Gita Amanda
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyambut Thomas Djiwandono yang baru dilantik sebagai Wamenkeu di Kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).
Foto: Eva Rianti/Republika
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyambut Thomas Djiwandono yang baru dilantik sebagai Wamenkeu di Kantor Kementerian Keuangan RI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI Thomas Djiwandono baru saja dilantik Presiden RI Joko Widodo pada Kamis (18/7/2024) siang. Usai dilantik, Thomas langsung bertandang ke Kantor Kementerian Keuangan di Jalan Dr. Wahidin Raya, Jakarta Pusat.

Thomas Djiwandono atau kerap disapa Tommy tiba di Kantor Kemenkeu masih dengan mengenakan pakaian setelan jas abu-abu yang dia kenakan saat dilantik Jokowi. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyambut kedatangannya dengan berpakaian batik gelap bemotif. Sri tampak semringah dengan kehadiran Thomas.

Baca Juga

“Bapak Presiden RI Bapak Joko Widodo hari ini telah melantik wamenkeu II yaitu Thomas Djiwandono. Kami seluruh jajaran mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung dengan tim Kemenkeu siap bekerja bersama sebagai bendahara negara,” kata Sri Mulyani saat konferensi pers, Kamis (18/7/2024).

Sri mengatakan pelantikan yang terjadi pada hari ini jika ditilik dari sisi waktu memang bertepatan dengan Kemenkeu yang sedang menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Kehadiran Thomas tentu ada kaitannya dengan proses penyusunan RAPBN tersebut, mengingat Thomas merupakan tim transisi Prabowo-Gibran.

“Dalam mengemban tugas itu (penyusunan RAPBN 2025) kami harus terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan presiden terpilih dan timnya,” tuturnya.

Sementara itu, Thomas yang merupakan keponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto itu mengucapkan terima kasih kepada Sri Mulyani dan jajaran Kemeneku RI. Dia menyinggung soal koordinasi yang terbangun dengan Kemenkeu dan tim transisi Prabowo-Gibran beberapa bulan yang lalu.

“Ini menunjukkan sebetulnya konsistensi pertama kali ketemu sekitar tiga bulan yang lalu. Menunjukkan konsistensi keberlanjutan Presiden Joko Widodo maupun presiden terpilih Pak Prabowo terutama untuk menjaga instrument fiskal,” ujar dia.

Sebelumnya diketahui,Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Bendahara Umum DPP Partai Gerindra Thomas Djiwandono sebagai Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) II di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2024). Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dengan dipandu Presiden Jokowi, Thomas bersama dua wakil menteri lainnya yang juga dilantik, yaitu Wakil Menteri Pertanian Sudaryono dan Wakil Menteri Investasi Yuliot Tanjung mengucap sumpah jabatan.

"Demi Allah, saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Thomas, mengucap sumpah.

Dikutip dari laman resmi Partai Gerindra, pria yang akrab disapa Tommy itu lahir di Jakarta pada 7 Mei 1972. Tommy merupakan anak pertama dari pasangan Soedradjad Djiwandono dan Biantiningsih Miderawati.

Ayahnya adalah mantan gubernur Bank Indonesia yang kini mengajar di Nanyang Technological University, Singapura. Sedangkan ibunya, Bianti, adalah kakak kandung Prabowo. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement