Rabu 10 Jul 2024 08:03 WIB

Kembangkan Sistem Navigasi Satelit di Indonesia, PSN-Elena Berkolaborasi

PSN fokus dalam layanan komunikasi.

Rep: Antara/ Red: Gilang Akbar Prambadi
PSN dan Elena akan bersinergi dalam mengembangkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) satelit Indonesia.
Foto: Dok. ANT
PSN dan Elena akan bersinergi dalam mengembangkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) satelit Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia, terus mengembangkan layanan berbasis satelit di Tanah Air dengan menjalin kolaborasi bersama Elena Geo Tech Pvt Ltd, perusahaan manufaktur produk berbasis navigasi terkemuka dari Bengaluru, India. Melalui kolaborasi internasional tersebut, PSN dan Elena akan bersinergi dalam mengembangkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) satelit Indonesia. Kolaborasi antara PSN dan Elena direalisasikan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) di India Space New Congress di New Delhi, India.

Direktur Teknologi PSN, Satrio Adiwicaksonomenjelaskan, sebagai perusahaan anak bangsa, PSN terus mengembangkan diri dalam memberikan layanan berbasis satelit. Selama 33 tahun berkiprah, PSN fokus dalam layanan komunikasi. Dengan rekam jejak yang panjang serta melihat masih adanya potensi besar yang bisa dimaksimalkan dari industri satelit, PSN melakukan ekspansi strategis dengan memasuki bidang navigasi.

Baca Juga

"Kolaborasi internasional antara PSN dan Elena menunjukkan bahwa sebagai perusahaan nasional, kami terus memacu diri untuk memperkuat ekosistem bidang antariksa dengan membangun kemampuan manufaktur di industri satelit Indonesia, salah satunya Positioning, Navigation dan Timing (PNT) berbasis satelit. Dengan dikelola secara mandiri, kami percaya akan mendukung pemerintah dalam menciptakan kemandirian ekonomi di industri satelit nasional,” kata Satrio.

Direktur Utama PSN, Adi Rahman Adiwoso mengatakan, latar belakang PSN berkolaborasi dengan Elena mempertimbangkan rekam jejak perusahaan tersebut dalam menghasilkan manufaktur sistem navigasi berbasis satelit. Aspek lainnya adalah majunya industri satelit di India. Hal tersebut berkat dukungan kuat dari Pemerintah India memajukan industri satelit dalam negeri. Hasilnya, India berhasil memiliki sistem navigasi satelit (Navigation with Indian Constellation) yang dikembangkan Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India (ISRO).

“Kedua aspek tersebut menjadi pertimbangan kuat bagi kami berkolaborasi dengan Elena. Melalui momentum ini, kami juga akan memaksimalkan untuk alih teknologi sehingga kedepannya Indonesia bisa menghasilkan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) berbasis satelit sendiri,” kata Adi Rahman.

Dengan pengembangan sistem navigasi satelit bersama Elena, nantinya akan ditujukan pada sektor jasa transportasi, navigasi udara dan laut serta pertahanan. Dengan mengaplikasikan navigasi satelit di Indonesia, maka semua sektor yang memerlukan dan menggunakan PNT akan mendapatkan kemudahan dalam menentukan posisi, kecepatan, arah, dan ketepatan waktu secara akurat sehingga menciptakan ketepatan dan efisiensi yang tinggi.

“Bersama Elena, kami akan mendalami program perencanaan secara komprehensif dan memetakan potensi kolaborasi dalam pembuatan sistem Positioning, Navigation dan Timing (PNT) Indonesia dan pasarnya sehingga dapat diserap dengan baik saat diluncurkan ke pasar,” ucap Adi Rahman. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement