Sabtu 22 Jun 2024 16:20 WIB

Angkat Jempol Untuk Mandalika, Erick Thohir: Sesuai Impian Presiden

Erick Thohir targetkan peningkatan turis asing ke Mandalika.

Rep: Fredikus Dominggus/ Red: Muhammad Hafil
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: republika
Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri BUMN, Erick Thohir senang melihat situasi Mandalika, saat ini. Daerah wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat itu terus dibanjiri pengunjung.

Bukan hanya pengunjung lokal. Wisatawan Mancanegara sudah semakin mengenal Mandalika. Erick melihat penerbangan ke area tersebut, juga banyak berasal dari luar negeri.

Baca Juga

Itu menghidupkan segala sesuatu di sana. Restoran-restoran di Mandalika, lanjut Menteri BUMN, dibanjiri para wisatawan. Sebuah contoh nyata nilai tambah untuk ekonomi lokal.

"Jadi inilah yang selalu diimpikan oleh Bapak Presiden kita, Bapak Joko Widodo, bagaimana ada destinasi wisata baru selain Bali," kata Erick di Menara Danareksa, Jumat (21/6/2024).

Targetnya adalah peningkatan jumlah wisatawan mancanegara. Para turis asing tak hanya fokus menuju Pulau Dewata. Tapi ada banyak destinasi lain.

Destinasi yang sedang dibangun agar berkelas internasional. Selain Mandalika, Erick menyinggung nama Labuan Bajo. 

"Hari ini kita punya Bali 11 juta (pengunjung), ya kita harapkan dengan tambahan Mandalika, Labuan Bajo. Ya kalau Thailand bisa 30 juta, Malaysia 30 juta, ya masa Indonesia cuma segini-segini saja. Jadi ini kita coba," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI ini.

Erick menerangkan, BUMN hadir sebagai agen perubahan. BUMN membangun beberapa kawasan wisata. Ia menyebut nama Mandalika, Nusa Dua, dan pada September nanti di Sanur.

Khusus Mandalika, dua ajang besar bakal berlangsung di sana, dalam beberapa bulan ke depan. Tepatnya di Pertamina Mandalika International Circuit. Ada Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 dan MotoGP Indonesia 2024.

ARRC digelar sejak 26-28 Juli. Kemudian MotoGP Indonesia 2024, pada 27-29 September 2024. Pertanyaannya, berapa total uang yang beredar di dua event tersebut?

"Kurang lebih sama hampir total  di seluruh Indonesia Rp 4 triliun bisa berputar, dan hampir Rp 600 miliar perputaran di daerah. Itu harapan kita. Jauh lebih baik dari tahun lalu," kata Direktur Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Ari Respati.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Menteri BUMN melihat Mandalika menjadi magnet bagi para pecinta wisata. Pengunjung berdatangan dari segala penjuru. Hadirnya sirkuit tersebut, semakin mempercepat target pemerintah menjadikan NTB, dan beberapa daerah di Indonesia sebagai pusat pariwisata level internasional.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement