Rabu 12 Jun 2024 05:39 WIB

Sinarmas AM Luncurkan Produk Reksadana ''Peduli Lingkungan''

Reksadana menghadirkan 25 perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip berkelanjutan

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Bank Sinarmas luncurkan reksadana yang menerapkan prinsip-prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI) dan Environmental, Social and Governance (ESG).  (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Bank Sinarmas luncurkan reksadana yang menerapkan prinsip-prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI) dan Environmental, Social and Governance (ESG). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar reksadana indeks kian menarik perhatian investor retail yang baru belajar berinvestasi di instrumen saham. Saat ini, investor semakin banyak yang mencari investasi bukan sekadar mempertimbangkan profit, namun juga dampak bagi kelestarian lingkungan dan tanggung jawab sosial masyarakat.

Melihat peluang tersebut, Bank Sinarmas meluncurkan reksadana Indeks Simas Sri Kehati pada Selasa (11/6/2024) lalu. Diharapkan, Reksadana ini untuk menunjang kebutuhan investasi sekaligus menjaga kelestarian hayati.

Baca Juga

"Indeks ini terdiri dari 25 perusahaan yang terdaftar di BEI dan menerapkan prinsip-prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI) dan Environmental, Social and Governance (ESG).  Kami menghadirkan Indeks Simas Sri Kehati untuk menyasar investor yang mencari alternatif investasi namun tidak sekadar menguntungkan, tetapi juga membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan spirit kami dalam pengembangan bisnis dalam jangka panjang," kata Direktur Utama PT Sinarmas Asset Management Alex Setyawan WK.

Hadir dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Sinarmas Frenky Tirtowijoyo mengatakan, peluncuran ini merupakan bagian dari upaya untuk memfasilitasi nasabah yang memiliki interest tinggi untuk melakukan investasi sekaligus turut berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial di Indonesia. Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk turut mempersiapkan masa depan dengan investasi.

 

"Kami juga mengapresiasi masyarakat yang sudah memahami akan pentingnya investasi, terlebih bagi kalangan muda yang saat ini kian bersemangat dalam menyuarakan pentingnya berinvestasi," kata dia.

Indeks Simas Sri-Kehati merupakan Reksadana Indeks dengan kelas aset saham, yang melakukan investasi sekurang-kurangnya 80 persen dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek bersifat Ekuitas, dalam Indeks yang menjadi acuannya. Produk ini memiliki manfaat yang bisa dirasakan investor seperti potensi nilai pertumbuhan investasi yang relatif menarik sekaligus memperkenalkan prinsip Sustainable and Responsible Investment (SRI). Indeks Simas Sri-Kehati ETF Indeks, Kelas Aset 10 Milyar - 100 Milyar - 1 Tahun baru saja meraih penghargaan di ajang Best Mutual Fund Awards 2024 yang diberikan oleh Investortrust.id bekerja sama dengan Infovesta Utama. 

Indeks Simas Sri-Kehati merupakan wujud dari upaya menciptakan mutualisme antara dunia konservasi dalam pelestarian lingkungan dengan sektor bisnis. Bukan hanya profit oriented tetapi juga keberlanjutan. Kepercayaan investor juga tercermin dari kinerja indeks yang berbasis ESG yakni Sri kehati yang dalam kurun 3 tahun terakhir dari 2020-2023 naik sebesar 18 persen unggul dibandingkan dengan LQ45 naik sebesar 3.8 persen dan IDX30 turun sebesar -1.4 persen.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement