Selasa 11 Jun 2024 19:03 WIB

Bank DKI Dorong Digitalisasi dan Pertumbuhan UMKM 

Bank DKI bersama 13 bank dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.

Pegawai Bank DKI melayana nasabah di kantor Bank DKI, Jakarta.
Foto: dok Bank DKI
Pegawai Bank DKI melayana nasabah di kantor Bank DKI, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bank DKI menyatakan akan terus menggulirkan program untuk mendorong pertumbuhan UMKM. Beberapa program yang telah dijalankan mulai dari digitalisasi pasar hingga fasilitas kredit untuk UMKM.

 

Sekretaris Perusahaan Bank DKI Arie Rinaldi mengatakan,  digitalisasi adalah kunci untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah, "Bank DKI akan terus bekerja keras untuk memperluas jangkauan layanan digital dan berinvestasi dalam teknologi terkini untuk memberikan nilai tambah kepada masyarakat dan daerah," kata Arie dalam siaran pers, Selasa (11/6/2024). 

Bank DKI menyatakan telah menjalankan program digitalisasi pasar kelolaan PD Pasar Jaya, yang memungkinkan pedagang dan pembeli dalam ekosistem pasar, menggunakan akses layanan digital melalui QRIS untuk pembayaran transaksi jual beli. Bank DKI juga menyediakan akses pembayaran iuran dan retribusi pasar yang dapat dilakukan melalui JakOne Mobile Bank DKI. 

 

Selain itu, Bank DKI menyediakan kredit mikro dan UMKM, serta Kredit Usaha Rakyat (KUR). Adapun yang terbaru, Bank DKI menghadirkan Jakarta Tourist Pass untuk mendukung pariwisata. Program ini merupakan kolaborasi antara Bank DKI bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dalam menyediakan solusi digital bagi wisatawan di Kota Jakarta yang memudahkan wisatawan dalam mengakses destinasi populer, transportasi, dan layanan pariwisata lainnya di Jakarta.

Berkat sejumlah program yang dijalankan itu, Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia. Kali ini, Bank DKI bersama 13 bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus pada acara closing ceremony Jakarta Kreatif Festival 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Ahad (9/6/2024).

Henky menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang diberikan, sekaligus memberikan pandangan bahwa perbankan pada masa sekarang mengalami era kompetisi yang ketat. Maka dari itu, Bank DKI harus beradaptasi, berkembang, dan berinovasi secara terus menerus, sebagai upaya untuk terus tumbuh berkelanjutan.

“Penghargaan ini juga menjadi penyemangat bagi Bank DKI untuk terus mengembangkan produk dan layanan digital, termasuk dukungan bagi sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian, sebagai wujud dukungan pencapaian visi Jakarta Kota Global,” ujar Henky.

Jakarta Kreatif Festival 2024 merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Bank Indonesia. Acara ini bertujuan mempromosikan dan mengembangkan sektor ekonomi kreatif di Jakarta. Festival ini juga diisi oleh pelaku usaha dari berbagai bidang, seperti fashion, kuliner, musik, seni rupa, dan teknologi. 

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement