Selasa 04 Jun 2024 10:29 WIB

Lewat Produk Cat Recycled, Mowilex Mampu Kurangi Jejak Karbon 60 Persen

Mowilex kenalkan cat daur ulang dengan pengurangan limbah dan hemat energi

PT Mowilex Indonesia meluncurkan cat terbaru, Mowilex Recycled, dengan menggunakan kembali (mendaur ulang) cat premium yang tidak terpakai dan akan berpotensi menjadi limbah hingga 40 persen per kemasan.
Foto: dok Mowilex
PT Mowilex Indonesia meluncurkan cat terbaru, Mowilex Recycled, dengan menggunakan kembali (mendaur ulang) cat premium yang tidak terpakai dan akan berpotensi menjadi limbah hingga 40 persen per kemasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Mowilex Indonesia meluncurkan cat terbaru, Mowilex Recycled, dengan menggunakan kembali (mendaur ulang) cat premium yang tidak terpakai dan akan berpotensi menjadi limbah hingga 40 persen per kemasan. Melalui inisiatif ini, perusahaan mampu memangkas jejak karbon hingga 60 persen pada setiap kemasan cat berukuran 2,5 liter atas pengurangan rangkaian produksi; yaitu mengurangi penggunaan air dan pengurangan energi pada mesin produksi dan juga turut mengurangi potensi limbah.

PT Mowilex memulai dengan memilih stok cat premium dengan warna-warna yang sudah tidak diproduksi kembali dan investaris yang tidak terpakai yang mungkin sudah tua, kering atau dalam kaleng yang penyok. Persediaan yang sudah tidak sesuai spesifikasi yang biasanya akan dimusnahkan, dievaluasi ulang, dirawat dan formulasinya diperbaiki dan diproduksi dengan standar tinggi yang sama dengan formula cat Mowilex lainnya untuk menciptakan Mowilex Recycled sehingga secara kualitas telah teruji.

"Mowilex Recycled menawarkan pilihan bagi pelanggan yang menginginkan produk berkualitas tinggi dengan jejak karbon yang lebih rendah. Dengan mengolah dan memproses ulang inventaris premium kami yang sudah tidak sesuai spesifikasi secara ekstensif, kami mencegahnya dibuang sebagai limbah," ujar CEO PT Mowilex Indonesia, Niko Safavi dalam siaran pers di Jakarta, Senin (3/6/2024).

Menurut dia, cat Mowilex Recycled memiliki kadar VOC yang rendah dan tersedia dalam delapan warna pastel yang digemari dan populer dengan hasil akhir matte (tidak kilap) yang mewah. Cat ini diformulasikan untuk bisa digunakan pada area interior dan area eksterior yang tidak terkena sinar matahari langsung.

"Mowilex Recycled memenuhi standar tinggi yang sama dengan semua cat baru Mowilex, dan kami memperkirakan bahwa setiap kemasan 2,5 liter jejak karbon lebih rendah hingga 60 persen dibandingkan dengan cat baru yang tidak didaur ulang," kata Niko.

Menurut Niko, mendaur ulang cat mengurangi dampak lingkungan dan bermanfaat bagi masyarakat. Proses ini juga mengurangi kebutuhan bahan baku baru dan membutuhkan lebih sedikit energi untuk ekstraksi dan produksi. Sebagai contoh, dengan menggunakan kembali produk cat premium yang sudah ada untuk Mowilex Recycled, perusahaan menghemat hingga 8 persen air bersih berdasarkan volume, untuk setiap galon cat daur ulang.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement