Sabtu 25 May 2024 16:48 WIB

Ukuran dan Berat Emas Batangan Terbaik untuk Investasi Menurut Ahli

Emas batangan ukuran kecil sangat likuid dan sangat mudah diperjualbelikan.

Pegawai menunjukkan pajangan emas cetakan Antam PT Pegadaian (Persero) berbagai ukuran.
Foto:

Investor mempertimbangkan berbagai ukuran dan berat emas batangan tergantung pada penyimpanan dan kapasitas investasinya. "Karena kepemilikannya yang besar, bank sentral cenderung memilih emas batangan yang lebih besar seperti batangan Good Delivery, yang biasanya berbobot 400 troy ons,” kata Bas Kooijman, CEO dan manajer aset di DHF Capital S.A.

“Investor dan institusi besar lainnya juga menggunakan batangan yang lebih kecil seperti batangan berukuran satu kilogram. Bagi investor perorangan yang mencari keseimbangan antara keterjangkauan dan kemudahan penyimpanan, batangan berukuran 100 gram adalah pilihan yang populer,” tambah Kooijman.

Namun perlu diperhatikan bahwa ini masih jauh lebih besar dari satu ons dan karenanya memerlukan biaya beberapa ribu bahkan puluhan ribu dolar untuk membelinya.

“Emas batangan berukuran besar merupakan investasi jangka panjang yang solid dan sering kali dibeli sebagai lindung nilai terhadap kondisi makroekonomi yang menantang atau ketidakstabilan geopolitik,” kata Aversano. “Meskipun biaya pembelian keseluruhannya lebih tinggi, premi biayanya lebih kecil karena jumlah total emas yang dibeli.”

Namun, ada beberapa kemungkinan kelemahan yang perlu dipertimbangkan. 

“Karena tingginya nilai setiap batangan, emas batangan yang lebih besar sering kali disimpan di tempat penyimpanan yang dikenakan biaya bulanan. Emas batangan juga lebih sulit dilikuidasi dengan cepat,” tambahnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement