Selasa 23 Apr 2024 17:28 WIB

Lima Tips Perawatan Penting untuk Mobil Listrik Anda

Cek kesehatan baterai secara berkala karena ia merupakan jantung mobil listrik.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Friska Yolandha
Baterai mobil listrik (ilustrasi). Cek kesehatan baterai secara berkala karena ia merupakan jantung mobil listrik.
Foto: www.pixabay.com
Baterai mobil listrik (ilustrasi). Cek kesehatan baterai secara berkala karena ia merupakan jantung mobil listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mobil listrik semakin populer, tetapi masih ada kekhawatiran terkait perawatannya. Meskipun memiliki bagian bergerak yang lebih sedikit daripada mobil konvensional, mobil listrik tetap membutuhkan perawatan yang tepat untuk menjaga kinerja dan daya tahan.

Dilansir Hindustan Times pada Selasa (23/4/2024), berikut adalah beberapa tips penting untuk perawatan mobil listrik Anda.

Baca Juga

1. Memastikan kesehatan baterai

Baterai adalah jantung mobil listrik. Pastikan untuk memeriksa kesehatan baterai secara berkala dengan bantuan teknisi yang ahli. Perawatan baterai yang baik akan memastikan kinerja mobil listrik Anda tetap optimal.

2. Penggantian cairan tepat waktu

Meskipun mobil listrik tidak menggunakan mesin pembakaran internal, beberapa komponen seperti rem tetap memerlukan perawatan cairan atau pelumas. Pastikan untuk mengganti oli rem dan cairan pencuci secara berkala untuk menjaga sistem rem mobil Anda berfungsi dengan baik.

3. Perhatikan suspensi

Suspensi mobil listrik juga rentan terhadap keausan akibat kondisi jalan yang kasar. Periksa dan lakukan perawatan suspensi secara rutin untuk memastikan kenyamanan berkendara dan perlindungan terhadap komponen-komponen mobil.

4. Rotasi ban secara berkala

Rotasi ban adalah langkah perawatan dasar yang penting untuk memastikan keausan ban yang merata. Hal ini tidak hanya meningkatkan kinerja mobil, tetapi juga meningkatkan keselamatan Anda di jalan.

5. Penggantian filter udara kabin

Filter udara kabin yang bersih akan memastikan aliran udara yang baik ke dalam kabin mobil, meningkatkan kinerja sistem pendingin udara. Pastikan untuk mengganti filter udara kabin secara berkala untuk menjaga kualitas udara di dalam mobil Anda.

Dengan mengikuti tips-tips perawatan di atas, Anda dapat memastikan bahwa mobil listrik tetap dalam kondisi terbaik dan siap untuk menemani dalam perjalanan Anda. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement