Jumat 19 Apr 2024 08:15 WIB

Dispar Bali Yakin Agen Travel yang Menyasar Pasar China Bisa Bangkit

Kunjungan wisman China ke Bali saat ini di urutan kedua setelah wisman Australia.

Wisatawan mancanegara asal China disambut tarian tradisional Bali di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Ahad (22/1/2023).
Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wisatawan mancanegara asal China disambut tarian tradisional Bali di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Ahad (22/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bali, Tjok Bagus Pemayun, menyebut biro perjalanan wisata dengan pasar wisatawan China punya peluang untuk bangkit.

Hal ini disampaikan Tjok Pemayun ketika disinggung soal 153 biro perjalanan wisata di bawah naungan Asita Bali saat ini masih tutup. Dimana 80–90 agen di dalamnya menyasar pasar China dan kini baru 20 agen yang buka kembali setelah pandemi Covid-19.

Baca Juga

"Iya sudah ada peluang, tidak ada yang pindah target pasar. Sebenarnya tergantung kondisi pasar tapi sekarang memang wisatawan China sudah lumayan bagus," kata dia di Denpasar, Kamis (18/4/2024).

Dispar Bali menyadari salah satu alasan biro perjalanan wisata belum berani buka karena akses penerbangan langsung Bali dan China belum banyak. Namun, ia mengingatkan saat ini posisi kunjungan China sudah ada di terbanyak kedua menggantikan India.

"Kita terbatas ya yang dari China baru empat maskapai, tentu ini juga jadi kendala, baru beberapa kota aja aksesnya. Jadi kita pasti koordinasi dulu dengan Konsulat China maupun Kemenparekraf agar maskapai bisa bertambah lagi seperti akses 15 kota sebelum pandemi," ujarnya.

Dari data BPS Bali setidaknya selama Februari 2024 jumlah wisman China yang masuk Bali sebanyak 54.916 orang, berada di bawah Australia yang sebanyak 93.002 orang dan di atas India yang sebanyak 35.111 orang.

"Tentu tahun ini ada target, tapi sekarang sudah nomor dua menggeser India," ungkap Tjok Pemayun.

Selain punya peluang bangkit, Dispar Bali juga mengingatkan biro perjalanan wisata agar membaca minat wisatawan mancanegara. Sebab contohnya China saat ini minat wisatawannya bukan hanya berbelanja namun mendapat penjelasan soal pariwisata dan budaya bali

"Mereka masih menggunakan biro perjalanan karena memang ada informasi yang harus disampaikan. Karena Bali pariwisatanya pariwisata budaya yang perlu ada penjelasan, termasuk buat wisatawan China, dulu kan biasanya diajak berbelanja, sekarang budaya, sudah beda seleranya," tutur Tjok Pemayun.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement