Kamis 18 Apr 2024 06:45 WIB

Reksa Dana Cocok untuk Dua Karakter Ini

Reksa dana cocok untuk investor agresif maupun konservatif.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Fuji Pratiwi
Investasi (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Investasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan dan risikonya masing-masing.

Chief Digital Officer Maybank Indonesia Charles Budiman mengatakan, era modern seperti sekarang ini, akses untuk berinvestasi semakin terbuka luas dan investasi juga telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya inovasi layanan digital banking yang cerdas, masyarakat kini bisa bertransaksi dalam genggaman dengan lebih mudah, nyaman, dan aman.

Baca Juga

"Siapa saja bisa ikut dalam berinvestasi, tapi kenali gaya dan preferensi pribadi untuk memilih instrumen investasi yang cocok dengan tujuan di masa mendatang. Dengan membiasakan diri berinvestasi, kita selangkah lebih dekat lagi untuk mewujudkan harapan dan impian," ujar Charles, Rabu (17/4/2024).

Charles mengungkapkan untuk mereka yang menyukai tantangan atau adventurer pastinya memiliki semangat tinggi dan suka menjelajahi berbagai instrumen investasi. Oleh karena itu, reksa dana saham dengan minimal 80 persen dari portofolio yang dialokasikan ke dalam bentuk saham bisa menjadi salah satu jenis investasi yang cocok.

"Dengan potensi keuntungan tinggi, risikonya yang terbilang cukup tinggi juga menarik untuk para investor dengan karakter ini yang dikenal berani mengambil risiko, serta menyukai sensasi dan tantangan dalam berinvestasi," kata Charles.

Instrumen reksa dana juga cocok untuk mereka yang suka menyusun strategi biasanya akan berhati-hati dan teliti dalam mempersiapkan berbagai risiko. Untuk tipe investor seperti ini, investasi dalam bentuk reksa dana bisa menjadi salah satu pilihan.

"Tak hanya pengelolaan dananya yang juga dibantu oleh manajer investasi profesional, reksa dana turut menawarkan fleksibilitas, sehingga memungkinkan untuk mengatur modal investasi sesuai dengan strategi dan kemampuan," terang Charles.

Charles menekankan keputusan dalam menentukan tipe investasi yang tepat dapat terus berubah seiring perjalanan usia dan tahapan kehidupan. Kondisi tersebut dapat mempengaruhi profil risiko seseorang, sehingga tidak dapat dipastikan jatuh ke dalam tipe karakter tertentu saja.

Untuk semakin memudahkan masyarakat dalam berinvestasi, Maybank Indonesia hadir dengan layanan M2U ID App (mobile banking), sebuah aplikasi yang menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi finansial secara mandiri di mana saja dan kapan saja. 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement