Kamis 11 Apr 2024 23:18 WIB

ASDP Hapus Kebijakan Khusus Tiket Kedaluwarsa untuk Arus Balik

Penghapusan tiket kedaluwarsa sebagai mitigasi agar tidak kisruh seperti arus mudik

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Sejumlah supir truk melakukan protes kepada petugas ASDP di dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (6/4/2024).
Foto: Antara/Riadi Gunawan
Sejumlah supir truk melakukan protes kepada petugas ASDP di dermaga tiga Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (6/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menerapkan kebijakan khusus bagi pengguna jasa yang telah bertiket sejak jauh-jauh hari sebelum tiba di pelabuhan, khususnya di lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni dan Ketapang - Gilimanuk untuk periode arus balik lebaran.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin meminta kepada seluruh pengguna jasa untuk mempersiapkan perjalanan arus balik yang akam dimulai pada Kamis (11/4), dan puncaknya diperkirakan terjadi pada Ahad (14/4) atau H+3 Lebaran 2024.

Shelvy menyampaikan hal ini merupakan antisipasi ketidaknyamanan pemudik seperti saat arus mudik kemarin. ASDP, lanjut Shelvy, telah menyiapkan langkah mitigasi, yakni menghapus pemberlakuan tiket kedaluwarsa sampai  24 jam sejak waktu masuk pelabuhan yang berlaku khusus saat periode arus balik Lebaran pada 11-21 April 2024.

"Pengguna jasa tidak perlu khawatir jika mengalami kemacetan saat menuju Pelabuhan, karena tiket ferry tidak akan hangus selama pengguna jasa tiba di pelabuhan dalam 24 jam dari waktu check in yang tertera di tiket. Karena itu, kami minta agar pemudik yang akan kembali, segera beli tiket dari sekarang," ujar Shelvy di Jakarta, Kamis (11/4/2024).

Shelvy mengimbau pemudik mempersiapkan perjalanan dengan matang, membeli tiket via online Ferizy atau mitra resmi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan kuota. Ia menambahkan, pengguna jasa harus memastikan telah mengisi identitas penumpang dan kendaraan secara lengkap dan benar saat melakukan reservasi tiket daring sehingga hak asuransi pengguna jasa dapat tercatat dengan baik.

Sementara bagi pengguna jasa yang masih belum waktunya tiba di Pelabuhan, maka dapat beristirahat terlebih dahulu di Rest Area yang tersedia. Untuk informasi mengenai layanan tiket online dapat diperoleh pada Buffer Zone yang disiapkan ASDP atau menghubungi petugas contact centre di 021-191 atau 0811-1021191.

Data Posko Merak mencatat, ucap dia, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-7 hingga H tercatat 835.718 orang atau naik lima persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 796.123 orang. Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 196.287 unit atau naik 11 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 176.621 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-7 hingga H tercatat 313.965 orang atau naik tiga persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 304.869 orang. 

"Untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat  59.013 unit atau naik enam persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 55.795 unit," kata Shelvy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement