Selasa 09 Apr 2024 20:32 WIB

Pelabuhan Panjang Layani Tiga Kali Perjalanan Kapal Saat Arus Balik

Saat arus balik Lebaran akan ada tiga kali perjalanan kapal.

Ratusan pemudik motor dari Pelabuhan Ciwandan, Banten, tiba di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.
Foto: Republika/Mursalin Yasland
Ratusan pemudik motor dari Pelabuhan Ciwandan, Banten, tiba di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang Jece Julita Piris mengatakan, pada arus balik Lebaran 2024 pihaknya akan melayani tiga kali perjalanan kapal dari Pelabuhan Panjang.

"Mengenai kesiapan arus balik Lebaran 2024 kami sudah menggelar rapat, dan pelayanan di Pelabuhan Panjang yang sudah dilakukan di arus mudik akan tetap dilakukan di arus balik," ujar dia di Bandarlampung, Provinsi Lampung, Selasa (9/4/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan saat arus balik Lebaran akan ada tiga kali perjalanan kapal yang melayani pemudik dari Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Ciwandan dengan menggunakan KM Panorama dan satu kapal tambahan.

"Tetap ada tiga perjalanan kapal untuk tiga hari juga di arus balik yaitu di satu hari setelah Idul Fitri hingga hari ketiga. Mekanismenya serupa dengan pelayanan di arus mudik ini," katanya.

Dia menjelaskan pemesanan tiket bagi pemudik pada arus balik di Pelabuhan Panjang dilakukan melalui tiket elektronik yang dikelola ASDP.

"Sistemnya untuk pembelian tiket dilakukan secara elektronik, seperti di Bakauheni. Kalau saat arus mudik saja sudah hampir 1.000 pemudik yang lewat Pelabuhan Panjang, maka ada kemungkinan saat arus balik bisa lebih dari itu," ucap dia.

Pihaknya akan terus mengupayakan menyiapkan pelayanan kapal bagi masyarakat saat arus milir.

Tanggapan positif atas masih adanya pelayanan perjalanan kapal sebanyak tiga kali saat arus milir Lebaran 2024 dikatakan oleh salah seorang pemudik, Julian.

"Dengar informasi kalau saat arus balik di Pelabuhan Panjang masih ada pelayanan kapal untuk ke Ciwandan tentu sangat senang. Karena waktu tempuh dari tempat kerja tidak terlalu jauh tapi memang perjalanan di kapalnya yang agak lama," ujarnya.

Ia mengharapkan, pelayanan penyeberangan bagi pemudik saat periode angkutan Lebaran tahun selanjutnya dapat lebih baik, sedangkan Pelabuhan Panjang bisa digunakan lebih optimal untuk membawa pemudik.

"Semoga tahun depan tidak ada lagi yang pingsan di Ciwandan karena menunggu terlalu lama, kalau bisa langsung saja dioptimalkan di Pelabuhan Panjang supaya lancar," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement