Selasa 09 Apr 2024 17:22 WIB

Pemudik Maksimalkan Rest Area dan Fasilitas MyPertamina

Rest Area menjadi favorit pemudik untuk beristirahat saat kelelahan

Salah satu layanan Pertamina dalam upaya memudahkan pemudik, Selasa (9/4) di Karawang.
Foto: Pertamina
Salah satu layanan Pertamina dalam upaya memudahkan pemudik, Selasa (9/4) di Karawang.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Musim lebaran 2024 dimaksimalkan kaum muslim untuk mudik dan berjumpa dengan keluarga di kampung halaman. Perjalanan yang jauh membuat pemudik kelelahan. Rest area dan fasilitas milik Pertamina, termasuk Serambi MyPertamina dinilai sangat membantu para pemudik, untuk beristirahat.

Chandra, pemudik asal Depok yang hendak menuju ke Cilacap bersama keluarga, menuturkan Serambi MyPertamina di Rest Area KM 57 menjadi pilihannya untuk beristirahat karena fasilitas toiletnya yang bersih.

Baca Juga

“Kalau berhenti alasannya di KM 57 ini emang jadi favorit dari dulu jadi di sini fasilitasnya lengkap, tempat makannya banyak pilihannya, toiletnya bersih-bersih dan jumlahnya banyak. Aku pilih berhenti di Rest Area ini karena di sini pelayanannya bagus dan toiletnya juga bersih rapi. Selain bersih dan rapi, di toilet di Rest Area 57 ini juga lampunya memadai, enggak remang-remang, terus cahayanya bagus,” jelas Chandra, Selasa (9/4) di Karawang.

Pada 2024 ini, Pertamina Patra Niaga menyediakan Serambi MyPertamina di enam Rest Area sepanjang Tol Trans Jawa. Letaknya ada di Rest Area KM 43 A, Rest Area KM 57 A, Rest Area KM 260 B, Rest Area KM 379 A, Rest Area Tol Mojokerto–Surabaya 725 A, serta Rest Area Tol Pandaan Malang 66A

Salah satu rest area tol yang cukup kuat diingat dan sekaligus favorit pengguna jalan tol adalah Rest Area Tol Jakarta Cikampek (Japek) KM 57. Kehadiran Serambi MyPertamina di rest area tersebut disambut antusias para pemudik. Mereka senang karena Pertamina menyediakan fasilitas lengkap dan bersih.

Beragam fasilitas dapat ditemui di Serambi MyPertamina, yaitu WiFi, toilet, musala, playground anak, layanan kesehatan uji tensi dan uji darah. Juga disediakan kursi pijat bagi pemudik yang kelelahan.

Usai menggunakan fasilitas di Serambi MyPertamina, pengunjung lainnya, Dita, juga memberi testimoni bahwa fasilitasnya bersih serta pelayanannya yang dirasa sangat baik.

“Layanan Serambi MyPertamina top banget. Ada kursi pijat, ada coffee break, layanan kesehatan, playground anak, mewarnai dan dapat hadiah. Pelayanan bagus, toilet bersih, teratur juga. Tidak macet seperti di KM lainnya. Pelayanan SPBU baik, respons cepat,” kata Dita.

Dita sebagai pengguna aplikasi MyPertamina mengatakan membeli BBM menjadi lebih mudah dan cepat dengan MyPertamina.

“Aplikasi MyPertamina sangat memudahkan transaksi di SPBU. Kita juga dapat poin yang bisa di-redeem di outlet,” katanya.

Dita berharap Serambi MyPertamina akan terus ada di setiap musim mudik. Dia juga ingin ke depan nanti fasilitas ditingkatkan dan lebih luas.

“Harapannya setiap tahun ada, dan waktunya diperpanjang karena mudik tidak hanya beberapa hari. Jadi ada terus sampai setelah Lebaran. Masukan saya untuk Serambi MyPertamina, tahun depan lebih luas lagi tempatnya karena pemudik semakin banyak, terutama mendekati Lebaran,” ujarnya.

Pengguna Serambi MyPertamina lainnya, Gerry Fauzan, juga merasakan hal yang sama dengan Dita. Ditemui usai salat di musala Serambi MyPertamina, Gerry menyatakan, tempat ibadah yang disediakan bersih dan harum. “Musalanya bersih dan wangi sehingga kita bisa beribadah dengan nyaman. Ornamen menarik, eksterior dan interiornya bagus,” kata Gerry.

Ia memberikan apresiasi atas upaya Pertamina menyediakan tempat istirahat yang nyaman bagi pemudik.

“Terima kasih Pertamina sudah menyediakan fasilitas lengkap dan bersih. I love Pertamina,” ucapnya.

Fasilitas yang disediakan Pertamina, membuat pemudik merasa terbantu dengan kehadiran modular di SPBU Pertamina. Pihak Pertamina menyediakan dua modular untuk BBM jenus Pertamax yang bisa digunakan sebagai pemecah antrean jika terjadi penumpukan di SPBU Rest Area KM 57.

“Saya berhenti di Rest Area KM57 karena dari tol MBZ langsung ke sini mau isi bensin. Layanan modular sangat membantu antrean yang panjang,” kata Farizi, pengguna modular.

Farizi mengaku puas dengan pelayanan Pertamina, terlebih kehadiran modular dapat membuat pemudik lebih cepat mengisi bensin.

“Sangat puas dengan layanan Pertamina. Modular memang cuma dua, tapi sangat membantu jadi lebih cepat. Pelayanan modular ini sangat bagus. Semoga tahun depan ditambah lagi modularnya tidak hanya dua, supaya tidak lama mengantre,” harap Farizi.

Selain menyediakan Serambi MyPertamina, Pertamina juga menyiagakan Pertamina Patra Niaga Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idulfitri (Satgas RAFI) 1445 H pada 25 Maret 2024 hingga 21 April 2024.

Tidak hanya berasal dari internal Pertamina Group, satgas yang dibentuk Pertamina Patra Niaga juga menggandeng berbagai stakeholder seperti Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, dan Telkom Indonesia, agar kebutuhan energi baik BBM, LPG, hingga Avtur terpenuhi dengan baik. *

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement