Senin 08 Apr 2024 17:07 WIB

Peserta Mudik Gratis Gelombang Dua Naik KM Dobonsolo Tiba di Semarang

Dua ribu pemudik gratis turun dengan tertib.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
KM Dobonsolo yang dioperasikan Pelni mengangkut penumpang mudik gratis Jakarta-Semarang pada Ahad (7/4/2024).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
KM Dobonsolo yang dioperasikan Pelni mengangkut penumpang mudik gratis Jakarta-Semarang pada Ahad (7/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Peserta mudik motor gratis gelombang kedua yang menggunakan KM Dobonsolo tiba di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Senin (8/4/2024). PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) sebelumnya memberangkatkan KM Dobonsolo untuk mudik gratis pukul 16.00 WIB di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok dan tiba hari ini (8/4/2024) sekitar pukul 09.00 WIB. 

Berdasarkan pantauan Republika yang turut berada dalam pelayaran tersebut, dua ribu pemudik gratis turun dengan tertib. Selain itu proses dikeluarkannya motor dari dalam kapal ke lapangan pelabuhan juga dilakukan dengan tertib. 

Baca Juga

Para pemudik hanya perlu menunggu nomor urut sepeda motornya dipanggil baru bisa mengambil kendaraannya. Sementara Pelni sudah menegaskan petugas yang melakukan proses pengeluaran motor ke lapangan pelabuhan tempat pengambilan oleh para pemudik. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto menyampaikan pada gelombang kedua arus mudik gratis sepeda motor, KM Dobonsolo mengangkut 2.384 pemudik sepeda motor dan 947 unit sepeda motor. Dari kedua keberangkatan mudik gratis sepeda motor naik kapal laut, perusahaan mencatat telah mengangkut total 4.421 pemudik sepeda motor dan 1.823 unit sepeda motor. 

"Program pemerintah ini kan salah satunya mengurangi kecelakaan jalan raya. Kita sama-sama tahu pemudik motor luar biasa, kecelakaannya juga banyak, belum lagi bawa barang banyak. Dengan mudik gratis ini bisa mengurangi kecelakaan," kata Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy saat ditemui di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok, Ahad (7/4/2024).

Komisaris Utama Pelni Muhammad Awaluddin mengapresiasi kolaborasi sejumlah pihak dengan diinisiasi Kemenhub dalam mudik gratis memberikan dampak yang positif. Terlebih, Awaluddin mengungkapkan peminatnya sangat tinggi jika dilihat dari okupansinya.

"Penumpang yang hari ini lebih banyak. Kembali lagi kita berterimakssih ini kolaboransi yang bagus diiniasi Kemenhub memfasilitasi para pemudik yang akan mudik merayakan Lebaran. Ini tidak akan bisa terjadi tanpa kolaborasi," ujar Awaluddin. 

Selanjutnya, KM Dobonsolo akan kembali bersiap melayani arus balik pada program Mudik Gratis Sepeda Motor Naik Kapal Laut. Tercatat dua kali keberangkatan yaitu pada 13 dan 15 April 2024.

"Kami mengajak pemudik sepeda motor untuk kembali menikmati fasilitas ini sehingga dapat menghemat tenaga dan meminimalisir risiko di perjalanan antara Jakarta dan Semarang bila ditempuh melalui jalaur darat," tutur Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement