Jumat 05 Apr 2024 10:39 WIB

Erick Thohir Berangkatkan Hampir 100 Ribu Peserta Mudik Gratis BUMN

Program ini mendorong migrasi pemudik agar lebih aman dan nyaman.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ferry kisihandi
Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi saat melepas program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 di Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024).
Foto: Republika/Muhammad Nursyamsi
Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, hingga Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi saat melepas program Mudik Asyik bersama BUMN 2024 di Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberangkatkan hampir 100 ribu peserta mudik gratis BUMN. Erick mengatakan jumlah ini meningkat 40 persen jika dibandingkan peserta mudik pada 2023. 

"Program ini merupakan bentuk BUMN hadir untuk masyarakat dan sekaligus komitmen dalam mendukung terciptanya arus mudik yang aman, nyaman, serta kondusif," ujar Erick saat melepas peserta Mudik Asyik bersama BUMN 2024 di Silang Monas, Jakarta, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga

Erick menyampaikan keselamatan pemudik adalah hal yang sangat penting. Berdasarkan data kecelakaan selama mudik 2023, sebanyak 77 persen kecelakaan berasal dari pengguna kendaraan roda dua sehingga pemerintah sangat menganjurkan pemudik untuk menggunakan transportasi umum, salah satunya bus. 

Erick menyebut program ini mendorong migrasi pemudik agar lebih aman dan nyaman dengan menggunakan transportasi umum.

"Hal ini merupakan wujud komitmen Kementerian BUMN dan BUMN yang konsisten dalam mendukung penyelenggaraan arus mudik yang kondusif dengan mengedepankan keamanan dan keselamatan pemudik," sambung Erick. 

Erick berharap mudik gratis BUMN dapat mewujudkan perjalanan lebih aman, nyaman, dan sehat bagi pemudik. Ia menyampaikan 88 BUMN dan anak usaha berpartisipasi menyediakan mudik gratis bagi masyarakat yang dimotori PT Jasa Raharja dan Forum TJSL BUMN.

 

Mantan presiden Inter Milan itu mengatakan lebih dari 94.753 pemudik terbagi ke dalam tiga moda transportasi, yaitu 1.536 unit bus untuk 70.179 penumpang bus, 60 unit kereta api untuk 19.122 penumpang kereta dan 30 unit kapal laut untuk 5.452 penumpang kapal laut dengan tujuan lebih dari 200 kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. 

Erick menyampaikan mudik bersama BUMN tahun ini memperkenalkan inovasi dalam layanan khusus bagi pemudik disabilitas dan menyediakan bus berbasis listrik untuk mendukung keberlanjutan lingkungan. 

"Langkah ini diambil untuk memastikan setiap pemudik menikmati perjalanan pulang dengan nyaman tanpa hambatan serta memberikan pengalaman perjalanan yang inklusif bagi semua pemudik, sambil menjaga keselamatan, kenyamanan, dan keberlanjutan lingkungan," kata Erick. 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Jasa Raharja sebagai Ketua Koordinator penyelenggaraan Mudik Bersama BUMN 2024, Rivan Achmad Purwantono, mengatakan kegiatan ini untuk mengalihkan pengguna sepeda motor untuk mudik dengan bus. 

Rivan menyebut mudik dengan sepeda motor mempunyai risiko tingkat kecelakaan yang tinggi karena tidak didesain untuk perjalanan jarak jauh.

"Bus yang digunakan telah sesuai dengan standar keselamatan, seperti melakukan rampcheck serta para awak bus yang terpilih. Terima kasih Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Erick Thohir sehingga dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar," kata Rivan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement