Kamis 04 Apr 2024 22:55 WIB

Gelar Safari Ramadhan BUMN 2024, PalmCo Siapkan 35 Ton Sembako Pasar Murah

PTPN mengalokasikan sedikitnya 35 ton sembako yang terbagi ke dalam 5.000 paket

Subholding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), yakni PTPN IV PalmCo, menyediakan sebanyak 35 ton sembako yang dibagi menjadi 5.000 paket dalam rangka penyelenggaraan pasar murah.
Foto: dok PTPN
Subholding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), yakni PTPN IV PalmCo, menyediakan sebanyak 35 ton sembako yang dibagi menjadi 5.000 paket dalam rangka penyelenggaraan pasar murah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Subholding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero), yakni PTPN IV PalmCo, menyediakan sebanyak 35 ton sembako yang dibagi menjadi 5.000 paket dalam rangka penyelenggaraan pasar murah.

Program ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2024, dimana, Kementerian BUMN dan BUMN hadir di seluruh Indonesia. Hal itu merupakan salah satu bentuk komitmen dan konsistensi Kementerian BUMN bersama perusahaan di bawah naungannya untuk mendukung program pemerintah dalam mengendalikan inflasi, serta memperkuat ketahanan pangan, utamanya jelang lebaran.

Dalam setiap kegiatan Safari Ramadhan, BUMN menjual sembako murah, pendaftaran mudik gratis untuk Masyarakat umum, dan juga terdapat bazar UMKM mitra binaan BUMN yang menjual berbagai macam menu takjil.

Direktur Kelembagaan PTPN IV PalmCo, Irwan Perangin-Angin, menyampaikan bahwa pada tahun ini, program pasar murah PTPN yang dilangsungkan dalam tajuk Safari Ramadan BUMN 2024, dilaksanakan secara serentak di berbagai kota di Indonesia. Program pasar murah ini adalah program rutin PalmCo yang merupakan komitmen dan konsistensi Menteri BUMN dan BUMN, sesuai arahan Presiden, untuk mengambil bagian dalam upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat jelang Lebaran.

"Alhamdulillah, tahun ini program pasar murah bersempena HUT Kementerian BUMN yang ke 26 ini dapat dilaksanakan serentak di lima regional, mulai dari Sumatra hingga Kalimantan," kata Irwan di Jakarta, Kamis (4/4/2024).

Dia menjelaskan, pasar murah dalam program Safari Ramadan BUMN 2024 ini, PTPN mengalokasikan sedikitnya 35 ton sembako yang terbagi ke dalam 5.000 paket. Tiap paket yang dikemas berisikan 5 kilogram beras premium, satu kilogram minyak, dan satu kilogram gula dan siap disalurkan ke masyarakat dengan harga 50 persen jauh lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran. 

"Setiap paket sembako kami subsidi 50 persen, sehingga masyarakat dapat memperoleh sembako tersebut dengan setengah harga Rp 75.000 saja dari harga pasar mencapai Rp150.000," ujarnya.

Lebih lanjut, Irwan menjelaskan program pasar murah sebagian besarnya dilaksanakan di areal sekitar perusahaan dengan menyasar masyarakat kecil yang membutuhkan. “Kita ingin memastikan arahan Pak Presiden terkait ketersediaan bahan pangan di masyarakat ditengah badai El Nino yang menjadi salah satu penyebab naiknya harga pangan dapat terlaksana secara efektif,” tutur Irwan.

Guna memastikan efektifitas penyaluran, perusahaan terlebih dahulu bekerja sama dengan perangkat desa atau kecamatan setempat untuk menetapkan penerima kupon. “Kita kolaborasi dengan desa ataupun kecamatan agar penerima kupon manfaat program pasar

murah tersebut benar-benar tepat sasaran. Sehingga, tujuan utama program ini dalam membantu menjaga ketahanan pangan dan daya beli masyarakat dapat terwujud,” katanya.

Fatmawati, salah seorang ibu rumah tangga di Desa Kasikan, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar Provinsi Riau mengaku senang dengan adanya pasar murah PTPN yang disinergikan dengan Safari Ramadan BUMN 2024 tersebut. Ibu tiga anak itu mengatakan sangat terbantu

dengan program tersebut, terutama di tengah ketidakstabilan harga bahan pokok jelang lebaran tahun ini. 

"Alhamdulillah. Sangat terbantu dengan program ini. Apalagi PTPN tidak hanya sekali dua kali, tapi rutin melaksanakan program pasar murah. Sangat membantu kami masyarakat kecil yang kesulitan jelang lebaran ini," katanya semringah.

Hal senada disampaikan Mahyadi Susanto di Kecamatan Medan Maimun Sumatra Utara. Bapak paruh baya itu berharap PTPN dapat terus berkomtimen dalam berkontribusi positif kepada masyarakat melalui program pasar murah yang menjadi agenda rutin perusahaan.

"Kami ini masyarakat yang jauh dari perkotaan. Hanya PTPN lah yang selama ini mampu menjangkau kami di daerah terpencil. Terima kasih PTPN dan semoga program ini berkelanjutan," tambahnya.

Sedangkan Minah salah seorang warga di Kecamatan Pontianak Barat Kalimantan Barat menyatakan dirinya berharap hal serupa dapat dilaksanakan rutin dan paketnya semakin murah serta semakin beragam. “Semoga tahun depan makin banyak dan makin murah ya,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement