Kamis 04 Apr 2024 18:52 WIB

Jokowi: Revitalisasi Pasar Tingkatkan Kesejahteraan Pedagang

Ia berharap, penataan tersebut membawa manfaat nyata bagi pedagang dan masyarakat.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Joko Widodo
Foto: Republika
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya perbaikan infrastruktur pasar untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang dan memastikan keberlangsungan ekonomi lokal. Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau ketersediaan bahan pokok di Pasar Muara Bungo, Kabupaten Bungo, Jambi, Kamis (4/4/2024).

"Yang paling penting, Pasar Muara Bungo ini harus diperbaiki sehingga pedagang ada di dalam. Kenapa mereka tidak mau ke dalam? Karena di dalamnya gelap, perlu memang ada penataan yang nanti akan dilakukan oleh Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono)," ujar Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

Baca Juga

Jokowi juga menyebut telah menginstruksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk segera melakukan penataan kembali Pasar Muara Bungo. Ia berharap, penataan tersebut membawa manfaat nyata bagi pedagang dan masyarakat sekitar.

"Saya sudah perintahkan tadi Pak Menteri PU sehingga pedagangnya nyaman, pasarnya ramai, tempat parkir juga tersedia dan kita harapkan pasar tradisional modern tetap ramai," ungkap dia.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyoroti sejumlah potensi unggulan di Jambi. Menurut Jokowi, Jambi memiliki beragam sektor yang menjanjikan, terutama dalam perkebunan dan pertanian rakyat.

"Saya kira banyak sekali ya, utamanya perkebunan rakyat, pertanian rakyat, saya melihat juga dari atas sepertinya tambang rakyat juga baik," ujarnya.

Jokowi pun berpesan agar potensi tersebut dikelola dengan baik. Ia juga turut mengapresiasi keramahan masyarakat di Jambi.

"Ini potensinya gede sekali, kelihatan sekali dan masyarakatnya di sini baik-baik semua. Di Jambi, di Muara Bungo, di Merangin, di Tebo semuanya baik," kata dia.

Sedangkan terkait stabilitas harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut, Jokowi mengaku puas terkait kondisi saat ini. Menurut Jokowi, harga sejumlah bahan pokok di Pasar Muara Bungo masih cukup baik.

"Stabilitas harga sama, sangat baik semuanya," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement