Rabu 03 Apr 2024 02:50 WIB

Digitalisasi Keuangan Dinilai Tingkatkan Daya Saing UMKM

Digitalisasi ekonomi dan keuangan dapat membantu UMKM berkembang.

Bank Saqu memfasilitasi transaksi menggunakan QRIS di JakCloth Ramadan 2024, JCC Senayan Jakarta.
Foto: dok Bank Saqu
Bank Saqu memfasilitasi transaksi menggunakan QRIS di JakCloth Ramadan 2024, JCC Senayan Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Saqu, layanan perbankan digital dari PT Bank Jasa Jakarta, mendukung program Bank Indonesia mendorong digitalisasi ekonomi dan keuangan melalui partisipasi di Jakcloth Ramadan 2024.

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST.

Baca Juga

Finance Director PT Bank Jasa Jakarta, Leka Madiadipoera, mengatakan, Bank Saqu bangga dapat mendukung program Bank Indonesia mendorong penggunaan QRIS dan BI FAST di Jakcloth Ramadan 2024. "Kami percaya, digitalisasi ekonomi dan keuangan dapat membantu UMKM dan solopreneur di Indonesia untuk berkembang dan meningkatkan daya saing mereka," kata Leka melalui keterangan tulis, Selasa (2/3/2024).

Melalui kolaborasi ini, Bank Saqu juga ingin mengajak pelaku usaha solopreneur dan para nasabah agar mudah bertransaksi dan mengatur keuangan lewat fitur QRIS. Ada banyak rewards yang Bank Saqu tawarkan di sana. Juga ada fitur Tabungmatic untuk menciptakan kebiasaan menabung tanpa usaha ekstra.

 

Bank Saqu juga menerima apresiasi perluasan penggunaan QRIS di wilayah DKI Jakarta dari Bank Indonesia dalam acara Ngabuburit Nyook Pake QRIS di JakCloth Ramadan 2024, JCC Senayan Jakarta.

"Apresiasi ini membuktikan komitmen kuat Bank Saqu mendukung penggunaan QRIS," kata Leka.

Ia menambahkan, Bank Saqu fokus pada investasi digital. Sehingga Bank Saqu akan terus mengembangkan lebih banyak fitur untuk mendukung para solopreneur di Indonesia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Arlyana Abubakar juga menyampaikan pentingnya transformasi digitalisasi sistem pembayaran. Ia mengapresiasi inisiatif PT YUKK Kreasi Indonesia dan Bank Saqu by PT Bank Jasa Jakarta dalam memperluas akseptansi QRIS melalui kegiatan Jakcloth Ramadan 2024.

"Jakcloth melibatkan 300 tenant UMKM dalam penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran kekinian," ungkap Arlyana.

Ia menilai, Jakcloth tentunya sejalan dengan semangat Gerakan Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan mendukung rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) di wilayah DKI Jakarta. Tujuannya, untuk mendorong kegiatan ekonomi, mempercepat keuangan inklusif, dan meningkatkan daya saing UMKM.

Jakcloth merupakan salah satu bazar fesyen dan produk UMKM terbesar di Indonesia. Jakcloth akan berlangsung di 14 kota besar, termasuk Jakarta dan Surabaya. Di Jakarta sendiri, JakCloth akan diadakan selama 9 hari, mulai dari 29 Maret 2024 hingga 7 April 2024 di JCC Senayan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement