Senin 01 Apr 2024 10:52 WIB

THR Tiba-Tiba Langsung Habis? Ini Cara Mengelolanya

Seperti diketahui, THR sangat dinantikan para pekerja saat Idul Fitri.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Seorang warga melihat ponselnya dengan latar belakang logo Tokopedia.
Foto: EPA-EFE/BAGUS INDAHONO
Seorang warga melihat ponselnya dengan latar belakang logo Tokopedia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tokopedia bersama Tiktok membagikan lima tips mengelola uang Tunjangan Hari Raya (THR). Seperti diketahui, THR sangat dinantikan para pekerja saat Idul Fitri.

Sebuah laporan menyebutkan, sebanyak 67 persen masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan seperempat dana THR mereka guna pembelanjaan pada Ramadhan 2024. Angka ini meningkat 26 persen dari angka pada Ramadhan 2023 lalu. Maka agar THR tidak habis begitu saja, berikut lima cara mengelolanya.

Baca Juga

1. Sisihkan dana untuk zakat fitrah

Selain membeli bahan baku hidangan khas untuk Idulfitri nanti, siapkan pula dana untuk bayar zakat fitrah. Tokopedia sendiri memiliki fitur Zakat Fitrah yang bisa secara online.

“Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan termasuk BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat dan masih banyak lainnya telah menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan. Tidak terkecuali selama Ramadhan 2024,” ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz dalam keterangan resmi yang dikutip Senin, (1/4/2024).

2. Bagi-bagi THR dengan keluarga lewat gift card secara online

Setelah membayar zakat fitrah, sisihkan dana THR untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga. Selain memberikan ‘salam tempel’ atau uang tunai, Gift Card Tokopedia bisa jadi pilihan.

 

Melalui Gift Card Tokopedia, pengguna Tokopedia dapat memberikan voucer dengan pilihan template menarik sebagai hadiah Lebaran yang lebih praktis dan aman, serta memberikan kesan lebih personal.

“Gift Card Tokopedia dapat menjadi solusi untuk berbagi kepada orang tua atau saudara bagi perantau yang tidak mudik. Bahkan, data internal kami menunjukkan rata-rata nilai Gift Card Tokopedia per transaksi yang dilakukan pengguna Tokopedia di pada Ramadan 2023 naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Ramadan tahun 2022,” kata Rizky.

3. Beli baju Lebaran dari brand lokal

Mengenakan baju baru saat Lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Agar pengeluaran THR tidak berlebihan, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran. Misalnya, memanfaatkan kampanye online Tokopedia Fashion Ramadan untuk mendapatkan berbagai pilihan baju Lebaran buatan brand lokal untuk sekeluarga.

“Kampanye online Tokopedia Fashion Ramadan masih berlangsung hingga 14 April 2024 dengan berbagai penawaran, mulai dari kolaborasi eksklusif produk brand lokal fesyen dan rilisan spesial. Supaya hemat, gunakan kode promo NGABUBUDEALS agar berkesempatan mendapatkan diskon serba 90 persen, cashback 20 persen, kupon kilat 6 kali sehari hingga Rp 1 juta, midnight sale serba Rp 35 ribu dan masih banyak lagi,” tutur dia.

4. Kirim hampers Lebaran penuh makna untuk kerabat di luar kota

 

Menurutnya, masyarakat tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran. Manfaatkan fitur Bagikan Alamat untuk mengirim hampers dengan lebih mudah di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual. 

Pengguna dapat meminta keluarga atau teman untuk mengirimkan alamat, atau pengguna dapat langsung membagikan alamat ke pengguna Tokopedia lainnya. “Tokopedia juga menyediakan fitur Kirim Sebagai Hadiah yang memungkinkan pembeli untuk meminta penjual membungkus hadiah sebagai hampers dan menuliskan kartu ucapan. Pembeli dapat menemukan penjual yang menawarkan fitur ini dengan memilih filter ‘Kirim Sebagai Hadiah’ di halaman pencarian,” jelas dia.

5. Mulai fokus pada persiapan mudik

Bagi yang merencanakan pulang kampung saat Lebaran, manfaatkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman. Pantau promo-promo eksklusif yang ditawarkan di kampanye Tokopedia Fantastrip, mulai dari diskon hingga 55 persen, cashback, flash sale dan masih banyak lagi.

“Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali adalah beberapa destinasi mudik yang paling diminati oleh masyarakat untuk pembelian tiket pesawat lewat Tokopedia selama Ramadan 2023 lalu. Sedangkan beberapa destinasi mudik yang paling laris dengan kereta api lewat Tokopedia di periode yang sama adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement