Sabtu 30 Mar 2024 22:40 WIB

XL Axiata Siapkan Jaringan Andal Hadapi Libur Lebaran

XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran trafik layanan naik 10–20 persen.

Direktur and Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam konferensi pers kinerja XL Axiata semester I 2023 di Gedung XL Axiata, Senin (31/7/2023).
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Direktur and Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam konferensi pers kinerja XL Axiata semester I 2023 di Gedung XL Axiata, Senin (31/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan telekomunikasi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) telah menyiapkan jaringan telekomunikasi dan data yang andal saat Ramadhan dan jelang Lebaran 2024. Kesiapan jaringan ini sebagai antisipasi potensi lonjakan trafik penggunaan data di saat libur panjang Lebaran.

Untuk itu, XL Axiata juga telah melakukan uji jaringan yang berlangsung di jalur utama mudik yang berada di berbagai daerah, termasuk di Sumatra. Manajemen XL Axiata memprediksi, sepanjang libur Lebaran nanti, trafik layanan akan meningkat sekitar 10–20 persen dibandingkan hari biasa.

Baca Juga

"Momen Lebaran selalu menghadirkan tantangan bagi kami sebagai operator telekomunikasi dan data karena trafik selalu melonjak cukup signifikan," kata Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (30/3/2024).

Selain melonjak, tantangan lainnya adalah berpindahnya lokasi-lokasi dengan trafik tinggi ke berbagai area yang tersebar, terutama di kota-kota di Jawa dan lokasi-lokasi wisata.

Untuk itu, selain perlu menambah kapasitas, XL Axiata juga harus memiliki strategi rekayasa trafik yang tepat di jaringan. Hal itu agar tidak terjadi kongesti di berbagai lokasi dengan trafik tinggi.

Gede menambahkan, kenaikan trafik di setiap Lebaran terjadi karena masyarakat Indonesia semakin banyak melakukan aktivitas digital. Termasuk untuk bersilaturahmi atau berlebaran di hari raya, serta mengakses berbagai sarana informasi dan hiburan.

Ia menyebut, trafik perlahan telah meningkat rata-rata hingga lima persen di sepanjang Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa. XL Axiata memprediksi trafik akan terus meningkat mencapai antara 10 persen–15 persen saat masuk di masa libur Lebaran, hingga puncaknya bisa mencapai sekitar 20 persen.

Selain meningkatkan kapasitas, langkah antisipasi lainnya berupa optimasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat atau pelanggan saat masa libur Lebaran. Untuk tujuan itu pula, sejumlah daerah yang biasanya menjadi tujuan mudik dan wisata akan menjadi perhatian khusus, terutama di Jawa.

"Perusahaan memastikan, sebagian besar jalur mudik utama telah terlayani dengan jaringan data berkualitas 4G LTE," kata Gede.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement