Rabu 27 Mar 2024 23:33 WIB

Cegah Korupsi, LPEI Perkuat Sinergi dengan Perbankan

Indonesia Eximbank melakukan pertemuan intensif dengan jajaran pimpinan perbankan.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
LPEI
Foto: https://www.indonesiaeximbank.go.id/
LPEI

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank melakukan pertemuan intensif dengan jajaran pimpinan perbankan guna mendorong pertumbuhan ekspor Indonesia. Dalam rangkaian pertemuan yang dilaksanakan secara terpisah, LPEI menjelaskan berbagai langkah transformasi berkelanjutan sejak 2020 yang meliputi pembaruan model bisnis dengan penguatan kolaborasi ekosistem ekspor, penguatan tata kelola, serta penguatan infrastruktur dan sumber daya manusia.

Pada beberapa pertemuan tersebut, LPEI pun membahas sinergi memperkuat dukungan kepada eksportir Indonesia baik UKM maupun korporasi. “Sebagai mitra strategis bagi LPEI, pertemuan dengan jajaran pimpinan bank nasional dan internasional menjadi langkah yang positif untuk memperkuat kolaborasi bisnis yang lebih produktif, mendukung pertumbuhan ekspor masa depan, dan menjadi salah satu penggerak roda perekonomian di Indonesia," ujar Direktur Eksekutif LPEI Riyani Tirtoso dalam keterangan resmi, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

LPEI, kata dia, berkomitmen menyalurkan pembiayaan kepada sektor yang memiliki daya ungkit dan developmental impact terhadap ekspor, pendapatan, dan penambahan lapangan kerja. Sekaligus konsisten melaksanakan mandat yang diberikan pemerintah guna meningkatkan daya saing produk dan mendorong ekspor nasional.

Pertemuan yang dilaksanakan di Jakarta ini juga menunjukkan upaya bersama antara LPEI dan beragam mitra perbankan guna mendukung ekspor Indonesia melalui berbagai langkah konkret dan kolaboratif secara profesional. Riyani menegaskan, LPEI sebagai lembaga keuangan khusus negara berkomitmen menjunjung tinggi tata kelola perusahaan yang baik, berintegritas, serta menerapkan zero tolerance terhadap korupsi dan tindakan melawan hukum.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Sunarso menyatakan, akan tetap mendukung dan menjalin hubungan bisnis dengan LPEI. “Kami mendukung LPEI mengambil langkah penyehatan portofolio bisnis, serta melakukan transformasi yang berfokus pada pengembalian fungsi LPEI sebagai government agency dengan penerapan GCG," tuturnya.

Senada dengan BRI, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk Nixon LP Napitupulu pun menyatakan, sinergi antara BTN dan LPEI akan terus dikembangkan demi mendorong dan memperluas ekosistem ekspor, serta meningkatkan perekonomian Indonesia melalui kegiatan ekspor. “BTN confident, BTN dan LPEI akan terus melanjutkan kerja sama yang telah terjalin cukup lama,” ujar Nixon. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement