Senin 18 Mar 2024 15:51 WIB

Pasar Waspadai Sentimen Hawkish The Fed, Rupiah Merosot

Kurs rupiah merosot 92 poin atau 0,59 persen menjadi Rp 15.691 per dolar AS.

Petugas menghitung uang dolar AS di tempat penukaran valuta asing.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas menghitung uang dolar AS di tempat penukaran valuta asing.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada awal pekan ditutup melemah di tengah pasar mewaspadai sentimen hawkish yang berlawanan dengan harapan pasar dari bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed terkait kebijakan suku bunga acuannya atau Fed Funds Rate (FFR).

Pada akhir perdagangan Senin (18/3/2024), kurs rupiah merosot 92 poin atau 0,59 persen menjadi Rp 15.691 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.599 per dolar AS.

Baca Juga

"Data inflasi AS yang kuat pada pekan lalu membuat para pedagang waspada terhadap sentimen hawkish dari The Fed," kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Ibrahim menuturkan meskipun The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah, setiap sinyal mengenai rencana penurunan suku bunga pada tahun 2024 akan diawasi dengan ketat.

Namun, bank sentral juga mungkin akan mengambil tindakan yang lebih hawkish daripada yang diharapkan pasar, terutama karena data terbaru menunjukkan inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan pada Februari.

Di sisi lain, spekulasi berakhirnya kebijakan suku bunga negatif dan pengendalian kurva imbal hasil Bank of Japan (BoJ). Bank sentral Jepang itu memulai pertemuan dua harinya pada Senin, dengan keputusan yang ditunggu-tunggu akan dirilis pada Selasa.

Namun, para analis masih belum sepakat mengenai apakah bank sentral akan menaikkan suku bunga pada Maret atau April, dengan konsensus umum sedikit condong ke arah kenaikan suku bunga pada April.

Bank of Japan diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 20 basis poin menjadi 0,1 persen dari negatif 0,1 persen.

Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Senin turun ke level Rp 15.672 per dolar AS dari sebelumnya Rp 15.624 per dolar AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement