Kamis 07 Mar 2024 14:19 WIB

Countryman SE, Mobil Listrik Pertama Mini yang Memiliki Interior Kece

Countryman SE dijual seharga 45 ribu dolar AS.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Mini Countryman, mobil listrik pertama Mini.
Foto: Mini Indonesia
Mini Countryman, mobil listrik pertama Mini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan mobil, Mini telah berjanji untuk beralih ke mobil listrik pada tahun 2030. Meskipun upaya-upaya bertenaga baterai yang dilakukan perusahaan sebelumnya sudah sangat baik, dibutuhkan sesuatu yang lebih serius dan praktis untuk mengubah masyarakat menuju keajaiban elektrifikasi. 

Dilansir Engadget, Kamis (7/3/2024), sesuatu itu mungkin adalah Mini Countryman 2025. Meskipun Mini akan menawarkan mobil ini dengan mesin berbahan bakar bensin jika Anda merasa konvensional, bintang dari jajarannya adalah Countryman SE serba listrik baru seharga 45.200 dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 709,1 juta. 

Baca Juga

Dengan 313 tenaga kuda dan torsi 363 pon-kaki, itu cepat. Mobil tersebut juga memiliki ruang kargo lebih luas dan juga praktis. 

Meskipun volume dan bobot ekstra dari Countryman baru hadir dengan beberapa kompromi, ini adalah SUV yang menarik untuk dikendarai dengan interior fantastis yang hanya berjarak beberapa pembaruan perangkat lunak dan kesempurnaan. 

Mini awalnya dimiliki oleh British Motor Corporation, yang kemudian bergabung dengan Leyland Motor Corporation pada tahun 1968. British Leyland lalu menjadi Rover Group yang memiliki Rover, Mini, Land Rover, dan MG. 

Dilansir German Automotive, BMW mengambil alih Rover Group, dan Mini, pada tahun 1994. BMW, pada saat itu, berada di bawah manajemen Bernd Pischetsrieder yang menariknya merupakan sepupu pertama yang pernah disingkirkan dari Issigonis. Bagaimanapun, pada pergantian milenium, Rover masih mengalami kerugian besar, sehingga BMW memutuskan untuk menyingkirkan sebagian besar perusahaannya. 

MG dan Rover pergi ke Phoenix dan Land Rover dijual ke Ford Motor Company. Tentu saja BMW tetap mempertahankan Mini. Mereka tetap menggunakan nama tersebut tetapi memberikan Rover hak sementara untuk membuat model Classic Seven, Classic Cooper, Classic Cooper Sport dan Knightsbridge (untuk pasar Eropa). 

Mini terakhir adalah Cooper Sport merah dan dibuat pada Oktober 2000. Mini ini diserahkan kepada British Motor Industry Heritage Trust pada bulan Desember tahun itu. Setelah itu, Mini kembali ke BMW. Model-model baru secara teknis tidak ada hubungannya dengan model lama, namun tetap mempertahankan tampilan klasiknya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement