Rabu 06 Mar 2024 15:01 WIB

Tidak Sulit, Begini Caranya Mengendarai Mobil Manual

Mobil manual mengandalkan pengemudi melakukan perpindahan rasio gigi.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Transmisi manual. Ini cara Mengemudi kan mobil transmisi manual.
Foto:

Apa yang terjadi saat rem tangan ditarik?

Pastikan Anda mengerem agar tidak terguling, bernafas, tekan kopling untuk melepaskan kembali penggerak dari mesin ke gearbox, menyalakan kembali, dan menjalani proses awal mobil bergerak dengan lancar. 

Cara melakukan rem tangan mudah. Jalani proses awal bergerak mobil yang mulus seperti disebutkan di atas, hanya saja kali ini Pastikan rem tangan cukup aktif agar mobil tidak menggelinding. Setelah Anda menemukan titik kopling atau merasa mobil ingin melaju dengan sendirinya, mulailah menurunkan rem tangan secara perlahan bersamaan dengan melepaskan sepenuhnya kopling dan mengurangi throttle. Tidak berputar, tidak terhenti, tidak ada masalah. 

Meskipun jumlah mobil bertransmisi manual baru yang terjual terus berkurang selama dua dekade terakhir, angka tersebut sebagian dipengaruhi oleh kebangkitan dan perluasan mesin murni sebagian listrik, namun ada banyak sisi positif dari kemampuan mengendarai mobil manual konvensional. 

Dari lebih melibatkan, lebih menarik, dan lebih menyenangkan untuk dikendarai dibandingkan kebanyakan kendaraan matic, mengendarai mobil manual juga memusatkan perhatian pengemudi, menentukan penglihatan dan kesadaran yang lebih baik, dan dapat membuktikan keterampilan utama ketika berkendara dalam berbagai kondisi dan bahkan ketika berkendara keluar negeri.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement