Rabu 06 Mar 2024 09:36 WIB

Pendaftaran Mudik Gratis Bus Kemenhub 2024 Dibuka Mulai Hari Ini, Catat Caranya!

Pendaftaran dilakukan hingga 3 April atau jika kuota telah penuh.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Calon penumpang menunggu keberangkatan bus tujuan Sumatera di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu (23/12/2023). Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024, terminal Kampung Rambutan dipadati calon penumpang tujuan Lampung, Palembang dan Padang dengan jumlah penumpang mengalami kenaikan hingga 25 persen dari hari biasanya. Selain itu, Kementerian Perhubungan juga menyediakan angkutan mudik gratis Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 sebanyak 90 bus dengan jumlah penumpang mencapai 3.600 pemudik.
Foto:

Peserta yang mudik-balik dengan sepeda motor, wajib membawa surat – surat  kendaraan (STNK dan SIM) dan perlengkapan berkendara serta menyerahkan sepeda motor sesuai dengan tanggal yang ditentukan/H-1 (satu) sebelum tanggal seremonial/keberangkatan bus.

Bagi setiap peserta mudik gratis diharapkan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani pada saat keberangkatan arus mudik/balik serta wajib datang minimal 1 (satu) jam sebelum jam keberangkatan.

"Untuk 1 akun pemesan tiket mudik gratis di MitraDarat dapat mendaftarkan maksimal sampai 4 peserta mudik dengan kota tujuan yang sama. Dan 1 akun hanya bisa melakukan pemesanan sebanyak 1 kali," katanya.

Untuk program mudik gratis bus ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat menyiapkan sebanyak 722 unit bus, dengan 30.088 kuota mudik gratis yakni 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Kota tujuan mudik dan balik tahun ini sebanyak 33 kota yang tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan serta wilayah Sumatera. Secara rinci, 3 kota tujuan di Jawa Barat yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Provinsi Jateng- DIY sebanyak 19 Kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen dan Yogyakarta.

Selanjutnya Provinsi Jawa Timur 5 Kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan dua Kota yaitu Banjarmasin dan Pangkalan Bun dan yang terakhir wilayah Sumatera 4 Kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu dan Padang.

“Sementara untuk kota asal arus balik terdapat di 9 kota yaitu Solo, Cirebon, Madiun, Surabaya, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, Yogyakarta dan Pelembang. Sedangkan untuk lokasi tujuan Mudik dan Balik bagi pengangkutan Sepeda Motor sebanyak 5 kota yaitu Solo, Semarang, Purwokerto, Wonogiri, dan Yogyakarta,” katanya.

Bersamaan dengan itu, Hendro Sugiatno menjelaskan, pada tahun ini kembali menyediakan 900 unit kuota pengangkutan motor dengan truk secara gratis.

“Disediakan kuota 450 unit untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” kata Hendro.

Penyerahan motor dilaksanakan pada....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement