Selasa 05 Mar 2024 21:48 WIB

Perkuat Bank Pembangunan Daerah, OJK Siapkan Ini

BPD memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan perekonomian daerah.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.
Foto: ANTARA FOTO/Humas OJK
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) berkomitmen untuk bersama memperkuat peran Bank Pembangunan Daerah (BPD) agar lebih kontributif. Khususnya, mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah melalui penguatan dan konsolidasi BPD.

“OJK berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah. Kolaborasi dan sinergi akan terus dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis dan investment matching BPD dengan pengusaha untuk mengembangkan sektor potensial di daerah. Hal ini diharapkan dapat menopang perekonomian daerah,” kata Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar dalam pernyataan tertulisnya, Senin (4/3/2024).

Baca Juga

Mahendra menjelaskan, pertumbuhan perekonomian di daerah akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional. Dia menegaskan, BPD memegang peranan penting untuk mendukung pertumbuhan perekonomian daerah.

“Untuk mendukung penguatan BPD dan perekonomian daerah maka OJK melakukan dua hal yaitu penguatan dan konsolidasi BPD serta mewajibkan seluruh Kantor OJK di daerah untuk mengutamakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di daerah wilayah kerja masing-masing,” ucap Mahendra.

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengungkapkan, untuk memperkuat peran BPD, terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, yakni dukungan pemegang saham pengendali dalam penguatan permodalan sehingga ketentuan modal inti minimum (MIM) dapat terpenuhi.

Dian menuturkan yang kedua adalah penguatan tata kelola secara konsisten. “Terutama governance structure dan governance process sehingga penerapan tata kelola BPD lebih baik dan profesional,” ucap Dian. 

Lalu, yang ketiga adalah penguatan infrastruktur teknologi informasi dan kualitas SDM. Dengan begitu, Dian menyebut, BPD dapat mengembangkan bisnis secara prudent

Selanjutnya, yang keempat yakni peningkatan kapabilitas dalam pengembangan strategi bisnis. “Dengan begitu, BPD dapat terus memberikan produk dan layanan inovatif kepada masyarakat,” tutur Dian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement