Senin 04 Mar 2024 15:15 WIB

Tips Saat Meninggalkan Mobil dalam Waktu Lama, Matikan Hand Brake

Tutup mobil atau tempatkan di garasi agar tidak rusak akibat cuaca.

Rep: Santi Sopia/ Red: Friska Yolandha
Dua mobil parkir paralel. Ini tips meninggalkan mobil tidak dikendarai dalam waktu lama.
Foto:

Jika meninggalkan mobil di garasi atau di jalan datar, biarkan rem parkir dalam keadaan mati. Untuk kenyamanan ekstra, belilah penahan roda untuk ditempatkan di belakang roda. Jika tidak membiarkan rem parkir dalam keadaan mati, pastikan untuk melepaskan rem parkir setiap beberapa minggu saat menghidupkan mobil.

4. Tutupi mobil jika memungkinkan

Jika memiliki garasi, atau tempat parkir mobil, sebaiknya parkir mobil di area tersebut. Menutupi mobil dengan penutup atau terpal juga bisa menjadi pilihan. Namun apabila tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk meninggalkan mobil di bengkel jangka panjang, bila perlu. Membiarkan mobil di satu tempat, apalagi terbuka, selama berbulan-bulan dapat menyebabkan kerusakan akibat cuaca.

5. Jaga agar bensin mobil tetap terisi

Sebelum mematikan mobil dan membiarkannya diparkir dalam waktu lama, pastikan mobil terisi dengan cukup udara dan cairan. Pastikan keempat ban memiliki tekanan udara yang cukup, isi tangki bensin, dan pastikan jumlah oli motor cukup di mesin.

Menjaga cairan tetap penuh membantu menjaga oksigen dan kelembapan keluar dari sistem. Selain itu, menjaga agar ban tetap terisi dapat mencegah timbulnya bintik-bintik datar akibat tekanan kendaraan yang menekan ban.

6. Lakukan pemeriksaan sebelum mengemudi

Setelah siap untuk kembali ke mobil dan mengendarainya secara teratur, perlu lakukan pemeriksaan ringan untuk memastikan kondisi yang baik. Periksa kolong mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran. Bahkan kebocoran yang lambat dapat menguras seluruh cairan yang sangat dibutuhkan mobil jika dibiarkan selama berbulan-bulan. Anda pasti tidak ingin mengendarai mobil jika kehabisan oli, cairan transmisi, atau minyak rem.

Selain itu, pastikan tersedia cukup udara di dalam ban. Ban cenderung kehilangan tekanan udara seiring berjalannya waktu, dan sering kali tidak digunakan dalam waktu lama akan menguras ban.

 

Sebelum menghidupkan mobil, buka kap mesin, dan periksa mesinnya secara visual. Jika mobil dibiarkan tanpa pengawasan, sering kali hewan kecil akan bersarang di dalam mesin, dan hal ini dapat menimbulkan masalah saat mobil dihidupkan. Jika semuanya sudah dipersiapkan, maka meninggalkan mobil tidak lagi menjadi kekhawatiran. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement