Jumat 01 Mar 2024 23:15 WIB

Wapres Jamin Pemerintah Fokus Kendalikan Harga Beras

Pemerintah telah menyiapkan langkah untuk mengendalikan harga beras.

Wakil Presiden Maruf Amin.
Foto: Antara
Wakil Presiden Maruf Amin.

REPUBLIKA.CO.ID, AUCKLAND -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin memastikan pemerintah telah menyiapkan langkah untuk mengendalikan harga beras di pasar domestik memasuki Ramadhan tahun ini.

"Pemerintah melakukan langkah dua hal. Pertama, ketersediaan barangnya ada dan kedua, pengendalian harga," kata Wapres Ma'ruf Amin di Auckland, Selandia Baru, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga

Wapres mengatakan, pengendalian harga bukanlah kebijakan yang mudah, tapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memprediksi panen raya beras dalam waktu dekat dapat membantu harga beras kembali ke harga normal. Ma'ruf mengatakan secara nasional memang Indonesia sempat mengalami defisit beras akibat panen raya yang tertunda sebagai dampak dari cuaca ekstrem El Nino.

Menurutnya, gejala serupa juga dialami secara global di banyak wilayah di seluruh dunia. Kendati demikian, lanjut Wapres, Pemerintah Indonesia telah berupaya untuk memenuhi kebutuhan beras dengan impor.

 

"Jadi penyediaan, ketersediaan beras itu cukup melalui impor ini," ujar Ma'ruf.

Menurut Wapres, kebutuhan beras di masyarakat akan terpenuhi secara bertahap dan tinggal menunggu harga beras kembali normal.

"Mudah-mudahan, kita ikuti saja," ujar Wapres.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement