Jumat 01 Mar 2024 23:03 WIB

Ini Bocoran Deretan Aksi Korporasi BRI Tahun Ini

Pada tahun ini BRI akan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Paparan hasil RUPS Bank BRI.
Foto: BRI
Paparan hasil RUPS Bank BRI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 pada Jumat (1/3/2024) hari ini. Dalam kesempatan tersebut, Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu Retno membocorkan aksi korporasi yang akan dilakukan bank pelat merah tersebut.

Viviana mengungkapkan, pada tahun ini BRI akan menerbitkan obligasi berwawasan lingkungan berkelanjutan (green bond) sebesar Rp 2,5 triliun. Aksi tersebut merupakan bagian dari funding plan BRI di tahun ini.

Baca Juga

"Itu bagian dari funding plan BRI di tahun 2024, tentunya nanti sepanjang tahun ini untuk penerbitan surat berharga juga masih akan kita lakukan sesuai dengan kebutuhan perseroan," ujar Viviana.

Berdasarkan data dari keterbukaan informasi, pada Maret 2024, BRI akan menerbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Bank BRI Tahap III Tahun 2024. Akan ada tiga seri, yakni seri A senilai Rp 1,23 triliun dengan bunga 6,15 persen per tahun berjangka waktu 370 hari kalender sejak tanggal emisi.

Kemudian, seri B Rp 879,43 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,25 persen per tahun, berjangka waktu dua tahun sejak tanggal emisi. Selanjutnya adalah seri C senilai Rp 382,9 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 6,25 persen per tahun, berjangka waktu tiga tahun sejak tanggal emisi.

Adapun, bunga obligasi berwawasan lingkungan dibayarkan setiap triwulan sejak tanggal emisi. Dalam jadwalnya, bunga obligasi berwawasan lingkungan akan dibayarkan pada 15 Juni 2024. Untuk bunga obligasi berwawasan lingkungan terakhir sekaligus jatuh tempo akan dibayarkan pada 25 Maret 2025 untuk Seri A, 15 Maret 2026 untuk Seri B, dan 15 Maret 2027 untuk Seri C.

Diketahui, energi terbarukan, efisiensi energi, pencegahan dan pengendalian polusi, transportasi ramah lingkungan dan penggunaan lahan yang berkelanjutan menjadi segmen utama penggunaan dana hasil penerbitan Green Bond ini.

Aksi korporasi ini merupakan salah satu upaya BRI dalam merealisasikan Green Economy dan juga bagian dari strategi pendanaan yang menganut Sustainable Principle setelah sebelumnya BRI sukses menerbikan Sustainable Bond, Sustainable-Linked Loan, MTN Inklusif dan Subdebt Inklusif. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement