Jumat 01 Mar 2024 15:43 WIB

KCIC Tambah Perjalanan Kereta Cepat Jadi 44 Jadwal per Hari

Untuk hari Jumat hingga Ahad sebanyak 48 perjalanan.

Kereta cepat dari arah Jakarta di Stasiun Kereta Cepat Padalarang Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024).
Foto: Edi Yusuf/Republika
Kereta cepat dari arah Jakarta di Stasiun Kereta Cepat Padalarang Bandung, Jawa Barat, Sabtu (10/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah perjalanan reguler Kereta Cepat Whoosh dari sebelumnya 40 perjalanan per hari di bulan Februari, menjadi 44 perjalanan per hari di bulan Maret 2024.

“Seiring dengan terus meningkatnya jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh, KCIC kembali menambah jadwal operasional Whoosh hingga 44 perjalanan pada Maret 2024,” kata Manager Corporate Communication KCIC Emir Monti di Bandung, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga

Emir menjelaskan Kereta Cepat Whoosh akan melakukan 40 perjalanan pada hari Senin hingga Kamis. Sementara untuk hari Jumat hingga Ahad sebanyak 48 perjalanan.

“Adapun rinciannya adalah 40 perjalanan reguler dan empat perjalanan tambahan yang akan dioperasikan setiap hari Jumat, Sabtu, Ahad serta hari libur nasional dan cuti bersama,” kata dia.

 

Dia menyampaikan adanya penambahan perjalanan ini, kedatangan Kereta Cepat Whoosh menjadi rata-rata setiap 40 menit sekali, sehingga masyarakat memiliki fleksibilitas dalam memilih jadwal yang diinginkan.

“Karena itu diharapkan penambahan perjalanan ini dapat membantu dan memudahkan masyarakat untuk melakukan pembelian tiket dan memilih jadwal perjalanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan adanya penambahan perjalanan ini merupakan hasil evaluasi dengan melihat pola permintaan dan pergerakan penumpang selama Whoosh beroperasi.

“Dengan penambahan jadwal ini, masyarakat punya banyak pilihan jadwal perjalanan. Masyarakat pun bisa lebih leluasa dalam merencanakan perjalanannya,” kata Emir.

Adapun KCIC hingga saat ini telah melayani 1,9 juta penumpang sejak dioperasikan secara komersial pada 17 Oktober 2023. Pada Februari, rata-rata harian volume penumpang Whoosh mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan Januari.

“Untuk hari biasa atau weekday volume penumpang sekitar 15 ribu per hari, sementara pada akhir pekan atau weekend volume penumpang dapat mencapai hingga 20 ribu per hari,” kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement