Ahad 25 Feb 2024 09:08 WIB

Mending Beli Mobil Baru atau Bekas? Pertimbangkan Plus Minus Ini

Membeli mobil baru atau bekas punya konsekuensi tersendiri.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Suasana pameran otomotif. Pertimbangkan hal ini saat membeli mobil baru ataupun bekas.
Foto:

Kekurangan

Mobil bekas mungkin tidak memiliki teknologi terkini. Bagi yang menyukai semua fitur terbaru, mobil bekas kemungkinan besar tidak akan menawarkan banyak hal. Jika tidak ingin berkompromi dengan hal tersebut, mungkin lebih baik membeli mobil baru atau menyewanya.

Mobil bekas mungkin memerlukan biaya perawatan yang lebih tinggi. Sekalipun membeli mobil bekas dalam kondisi bagus, kemungkinan besar memerlukan lebih banyak perawatan dan perbaikan. Pengeluaran ini mungkin menjadi signifikan seiring berjalannya waktu, melebihi penghematan yang diperoleh dari harga pembelian dan biaya bulanan yang lebih rendah.

Penting untuk memeriksa riwayat mobil sebelum membelinya. Hal ini juga berhubungan dengan perawatan mobil oleh pemilik sebelumnya.

Ada baiknya juga membawa mekanik untuk melihat kendaraan tersebut sebelum menandatangani surat untuk membelinya. Hal ini dapat meminimalisir risiko pembelian mobil.

Pro dan Kontra Mobil Baru

Tidak dapat disangkal daya tarik mobil baru bisa disesuaikan dengan keinginan. Pada saat yang sama, hal ini sering kali disertai dengan biaya yang lebih tinggi, namun juga cukup cepat akan kehilangan nilai aslinya.

Kelebihan

Konsumen bisa mendapatkan mobil sesuai selera keinginan mereka, baik itu dari warna, fitur, dan memilih model dasarnya. Semuanya bisa sesuai impian, sehingga itu menjadi manfaat utama dari membeli kendaraan baru.

Mobil baru memiliki fitur teknologi dan keselamatan terkini. Mobil baru dapat dilengkapi dengan teknologi tercanggih, mulai dari sistem bantuan pengemudi hingga aplikasi seluler yang terhubung dan pelacakan kendaraan bawaan. Teknologi terus berkembang, dan kendaraan baru bisa memberikan akses fitur-fitur terbaru.

Mobil baru cenderung tidak memiliki masalah mekanis sejak awal. Sehingga tidak perlu khawatir tentang masalah mekanis yang tersembunyi dalam beberapa tahun pertama. Jika terjadi sesuatu, ada garansi kendaraan yang bisa membantu membayar perbaikan dan pemeliharaan, mengurangi atau bahkan menghilangkan banyak biaya serupa.

 

 Kekurangan mobil baru ada di halaman selanjutnya....

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement