Selasa 20 Feb 2024 22:35 WIB

PLN Sebut Beban Listrik F1 Powerboat Dibantu PLTMH

Hal itu untuk menjadikan energi hijau menjadi salah satu pendukung F1 Powerboat.

PLN
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
PLN

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara siap memenuhi beban listrik yang diyakini mencapai sekitar 430 MW saat Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024 dengan sokongan daya datang dari dua Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH).

"Kedua PLTMH itu adalah PLTMH Aek Silang dan PLTMH Hutaraja. Untuk beban listrik saat kejuaraan itu kami memperkirakan kurang lebih 430 MW, kurang lebih sama seperti pada 2023," ujar Asisten Manajer Komunikasi dan Manajemen Stakeholder PLN UID Sumut Yudhistira di Medan, Selasa (20/2/2024).

Baca Juga

Menurut Yudhistira, pemanfaatan PLTMH itu merupakan langkah PLN untuk menjadikan energi baru terbarukan (EBT) menjadi salah satu sumber listrik selama kompetisi internasional itu berlangsung pada 1-3 Maret 2024 di Kabupaten Toba, Sumut.

PLTMH Aek Silang, yang berada di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, memiliki kapasitas 2×5 MegaWatt (MW). Dalam setahun, PLTMH itu dapat menghasilkan listrik daya sebesar 59,95 GigaWatt Hour (GWh).

 

Sementara PLTMH Hutaraja di Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, berkapasitas 2×2,5 MW dan dapat menghasilkan listrik sebesar 29,78 GWh setahun.

"Suplai listrik untuk F1H2O berasal dari bauran energi ramah lingkungan," kata Yudhistira.

Untuk semakin memastikan penyediaan listrik di Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) 2024 lancar, dia menegaskan PLN UID Sumut juga menyiagakan lebih dari 60 personel.​​​​​​​ Yudhistira menyebut, para petugas itu berasal dari PLN ULP yang berada di sekitar area kejuaraan yakni Siborong-borong, Balige, Porsea dan Tarutung. Kemudian ada pula dari PLN UP3 dan petugas Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB).

"Para personel sudah bekerja sejak sebelum kejuaraan hingga semua pertandingan selesai," ungkap dia.

PLN UID Sumut akan menerapkan pula pengamanan berlapis agar setiap persoalan dapat ditangani dengan cepat dan baik. Untuk itu, PLN mempersiapkan tiga unit sumber daya nirhambatan (UPS) dengan kapasitas masing-masing 40 kVA di tiga lokasi berbeda.

Kemudian, ada pula tiga UPS berkapasitas 250 kVA untuk 250 pelaku UMKM di sekitar lokasi pertandingan. Menjelang kompetisi dimulai, PLN akan melaksanakan apel siaga dan simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi arena demi memastikan seluruh persiapan kelistrikan dapat berjalan dengan baik.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement