Jumat 26 Jan 2024 09:12 WIB

Isuzu Targetkan Pangsa Pasarnya Naik Tahun Ini

Tidak mudah untuk memprediksi pasar otomotif di tahun 2024.

President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Yusak Kristian Solaeman (ketiga dari kanan) dan jajaran direksi lainnya dalam acara Isuu Media Gathering 2024 di Jakarta, Kamis (25/1/2024). Isuzu menargetkan pangsa pasarnya tumbuh di 2024.
Foto: Republika/Firkah Fansuri
President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Yusak Kristian Solaeman (ketiga dari kanan) dan jajaran direksi lainnya dalam acara Isuu Media Gathering 2024 di Jakarta, Kamis (25/1/2024). Isuzu menargetkan pangsa pasarnya tumbuh di 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perusahaan otomotif yang berfokus di bidang industri dan komersial, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), menargetkan pangsa pasarnya pada 2024 tidak jauh berbeda dibandingkan tahun 2023.

President Director PT IAMI, Yusak Kristian Solaeman, mengatakan pangsa pasar Isuzu ditargetkan minimal sama dengan tahun lalu sebesar 27,7 persen. “Namun, kami berharap pangsa pasar kami bisa tumbuh antara 2 sampai 3 persen,” kata Yusak di Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Menurut Yusak, tidak mudah untuk memprediksi pasar otomotif pada 2024 ini. Indonesia masuk dalam tahun politik di 2024 yang membuat banyak investor wait and see. 

Namun, ia optimistis dengan kondisi ekonomi nasional karena target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diungkapkan oleh lembaga terpercaya masih cukup baik dibandingkan beberapa negara lain. “Belanja pemerintah di APBN tahun ini mengalami peningkatan sehingga potensi ekonomi bergerak juga cukup besar,” ujarnya.

Sedangkan kinerja PT IAMI pada 2023, Yusak mengatakan mengalami performa yang luar biasa dan berhasil menunjukkan bisnis yang sustainable dengan menguasai pangsa pasar kendaraan komersial sebesar 27,7 persen. “Kami berhasil menarik perhatian konsumen di Tanah Air kala kondisi pasar yang saat ini sedang mengalami penurunan,” ucapnya.

Menurut dia, PT IAMI berhasil memaksimalkan sumber daya yang dimiliki serta memanfaatkan peluang-peluang usaha yang ada di tahun 2023, sehingga pangsa pasar Isuzu di segmen kendaraan niaga bisa meningkat sebesar 1,3 persen. “Seluruh capaian yang PT IAMI dapatkan selama ini akan menjadi sebuah checkpoint menuju 50 tahun Isuzu Indonesia yang akan terus melaju beyond next level," ujar Yusak.

Kepercayaan konsumen pada tahun 2023 ditunjukan oleh penjualan retail PT IAMI yang mencapai 30.085 unit kendaraan, atau setara dengan 27,7 persen total market kendaraan niaga di Indonesia. Isuzu Elf menempati urutan pertama sebagai produk terlaris dengan penjualan 14 ribu unit dan disusul oleh Isuzu Traga yang terjual lebih dari 11 ribu unit. 

Namun, secara persentase, kenaikan yang sangat pesat justru didapat oleh isuzu Giga dari sektor commercial, di mana ada peningkatan sebesar 34,5 persen dan Isuzu Mu-X dari sektor light commercial yang mengalami peningkatan sebesar 94,7 persen.

Secara market share, Isuzu GIGA meningkat 4 persen mencapai 17 persen. Prestasi positif yang diraih pada tahun 2023 juga menambah deretan performa luar biasa PT IAMI selama 4 tahun berturut, di mana perusahaan bisa meningkatkan pangsa pasar sebesar 4,0 persen. Sedangkan untuk suku cadang mengalami kenaikan signifikan sebesar 19,8 persen dan ini menjadi capaian terbaru Isuzu di Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement