Senin 15 Jan 2024 18:06 WIB

Ekspor Durian Parigi Bantu Tingkatkan Ekonomi Daerah

Kemenkop mengapresiasi karena ekspor durian ini melalui kemitraan dengan UMKM.

Pedagang durian montong menunggu pembeli di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/6/2022).
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Pedagang durian montong menunggu pembeli di salah satu ruas jalan di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (6/6/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIGI -- Kementerian Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) mengatakan ekspor komoditas durian asal Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah sangat membantu meningkatkan perekonomian daerah.

"Tentunya kami merespons baik kegiatan ekspor komoditas ini, karena tidak semua darah mampu melakukannya," kata Deputi Bidang UKM KemenKop UKM Hanung Harimba Rachman saat melepas ekspor durian di Parigi Moutong, Senin (15/1/2024).

Baca Juga

Ia menjelaskan, Kemenkop UKM telah membangun kolaborasi bersama Asosiasi Perkebunan Durian Indonesia (Apdurin) dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah serta Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong guna mengembangkan kegiatan ekspor komoditas durian ke Thailand.

Menurut dia, kegiatan ini sesuai dengan arah kebijakan pemerintah. Yakni hilirisasi berbasis UMKM, adanya kemitraan, serta ekspor, dan itu telah terwujud berkat kerja sama yang baik.

Ekspor diprakarsai Apdurin ini dikerjasamakan dengan empat perusahaan. Kemitraan dengan usaha menengah maupun besar dapat membantu peningkatan kapasitas dan daya saing pelaku usaha durian, kemitraan tersebut dilakukan dalam berbagai bentuk seperti penyediaan bahan baku, pemasaran, dan pengembangan teknologi serta pembangunan ekosistem rantai pasok produksi.

"Ini adalah model yang sangat baik antara Apdurin dengan pemerintah dan pengusaha, model seperti ini yang harus kita lakukan, di mana perusahaan besar bisa bermitra dengan UMKM untuk mendorong ekspor," ucap Hanung.

Ia mengungkapkan, pasar global untuk durian diperkirakan mengalami pertumbuhan pada 2020 hingga 2026 sekitar 7,1 persen. Hal ini membuka peluang yang besar bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor durian.

"Durian adalah idea yang bagus, karena permintaan durian cukup tinggi. Secara agronomi Kabupaten Parigi Moutong menjadi tempat paling ideal untuk pertumbuhan komoditas tersebut," kata Hanung.

 

 

 

sumber : ANTARA

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement