Kamis 04 Jan 2024 11:59 WIB

Pakar Ungkap Pentingnya Percepatan Pembuatan Regulasi Operasional Carbon Capture Storage

Regulasi penting untuk memberikan keyakinan terkait keselamatan operasional CCS

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ilustrasi carbon capture storage (penangkapan dan penyimpanan karbon).  Pakar lingkungan Universitas Airlangga (Unair) Wahid Dianbudiyanto menekankan pentingnya regulasi terkait operasi Carbon Capture
Foto: Freepik
Ilustrasi carbon capture storage (penangkapan dan penyimpanan karbon). Pakar lingkungan Universitas Airlangga (Unair) Wahid Dianbudiyanto menekankan pentingnya regulasi terkait operasi Carbon Capture

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Pakar lingkungan Universitas Airlangga (Unair) Wahid Dianbudiyanto menekankan pentingnya regulasi terkait operasi Carbon Capture Storage (CCS) untuk membentuk kepercayaan bagi investor dan pengembang proyek di Indonesia. Regulasi juga menurutnya penting untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait aspek keselamatan dan keamanan operasi.

“Saat ini, Indonesia belum memiliki kerangka hukum dan peraturan yang diperlukan untuk mendukung implementasi CCS," kata Wahid, Kamis (4/1/2024). 

Wahid menjelaskan, untuk saat ini regulasi mengenai CCS masih dalam skema Peraturan Pemerintah. Padahal, Kementerian ESDM menyatakan pada saat ini, Indonesia sudah memiliki sekitar 15 proyek CCS atau CCUS yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Namun, proyek-proyek tersebut masih berada dalam fase kajian atau persiapan, dan perlu diatur melalui regulasi yang lebih tinggi.

Wahid juga menyarankan beberapa strategi dan kebijakan yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan CCS sebagai salah satu langkah mitigasi perubahan iklim. Di antaranya adalah pembentukan kerangka regulasi, insentif keuangan, kemitraan internasional, pendidikan dan pelatihan, stimulasi riset dan inovasi, perencanaan tata ruang dan zonasi, kampanye kesadaran publik, monitoring dan evaluasi berkelanjutan, serta dukungan pemerintah.

"Dengan mengimplementasikan strategi dan kebijakan ini, diharapkan Indonesia dapat memperkuat kapasitasnya dan meningkatkan kesiapannya dalam mengintegrasikan CCS sebagai bagian integral dari upaya mitigasi perubahan iklim," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement