Senin 01 Jan 2024 15:30 WIB

Bandara Tanjungpinang Angkut 10 Ribu Penumpang di Periode Natal dan Tahun Baru

Pergerakan penumpang itu naik sekitar 23 persen dibandingkan 2022.

Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang
Foto: blogspot.com
Bandara Raja Haji Fisabilillah, Tanjung Pinang

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNGPINANG -- Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), mengangkut 10.005 penumpang selama 14 hari pelaksanaan posko Natal dan Tahun Baru, tanggal 18-31 Desember 2023.

"Pergerakan penumpang itu naik sekitar 23 persen dibandingkan 2022," kata Executive General Manager (EGM) Bandara RHF Tanjungpinang, Agung Brahmantyo, Senin (1/1/2024).

Baca Juga

Selain itu, kata dia, pergerakan pesawat di Bandara RHF sepanjang Natal dan Tahun Baru juga ikut naik sebesar 26 persen, atau sebanyak 129 pesawat dibanding tahun 2022. Demikian pula dengan pergerakan kargo yang mengalami peningkatan sebesar 34 persen, atau mencapai 286 ton dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kenaikan penumpang pesawat, salah satunya dipicu banyaknya kegiatan wisata akhir tahun, sehingga menarik minat wisatawan berkunjung ke Pulau Bintan (Tanjungpinang-Bintan)," ungkap Agung.

Berdasarkan data, sambungnya, puncak arus mudik pertama atau sebelum Natal 2023 di Bandara RHF Tanjungpinang terjadi pada tanggal 21 Desember 2023 atau H-4 dengan pergerakan 14 pesawat dan penumpang 966 orang. Sedangkan puncak arus mudik kedua, yaitu sebelum Tahun Baru 2024, atau tanggal 29 Desember 2023 dengan pergerakan sembilan pesawat dan penumpang 635 orang.

Agung menyampaikan, pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, rute penerbangan yang dilayani dari dan ke Bandara RHF masih sama seperti hari-hari pada umumnya. Yaitu Jakarta/Tangerang yang dilayani oleh Maskapai Garuda Indonesia, Citilink Indonesia dan Batik Air. Untuk jadwal keberangkatan Batik Air dan Citilink setiap hari, sedangkan Garuda Indonesia enam kali dalam sepekan.

Kemudian, ada pula rute antarpulau di wilayah Kepri, yaitu Dabo Singkep, Tambelan dan Letung yang dilayani Maskapai Susi Air. Jadwal keberangkatannya setiap Selasa dan Kamis. "Untuk harga tiket tujuan Jakarta rata-rata Rp 1,2 juta–Rp 1,5 juta. Khusus antar pulau, masih di kisaran Rp 300 ribu," ungkapnya.

Agung turut menambahkan PT Angkasa Pura II Bandara RHF Tanjungpinang bersinergi dengan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Basarnas dan Satpol PP Kota Tanjungpinang serta instansi terkait telah mendirikan Posko Terpadu Natal dan Tahun Baru di bandara tersebut. Posko terpadu bertujuan mendukung keamanan, keselamatan serta kelancaran bagi pengguna jasa bandara RHF pada momentum perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Sampai sejauh ini, situasi lalu lintas penumpang di bandara RHF tetap aman dan terkendali," kata Agung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement