Jumat 29 Dec 2023 23:22 WIB

Dukung Konektivitas, Kemenhub Jalin Kerja Sama PSO Angkutan Laut

Pelayanan publik angkutan laut perintis diharapkan dapat meningkatkan konektivitas.

Satu unit kapal perintis milik PT Pelni.
Foto: Antara/Kornelis Kaha
Satu unit kapal perintis milik PT Pelni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melakukan "Penandatanganan Terpadu Perjanjian Kerja Sama Penyelenggaraan Kewajiban Pelayanan Publik/Public Service Obligation (PSO) untuk Kapal Perintis, Tol Laut, Penumpang Kelas Ekonomi, Rede Transport dan Kapal Khusus Ternak Tahun Anggaran 2024 di Jakarta, pada Jumat (29/12/2023).

"Kerja sama yang dilakukan tersebut merupakan upaya untuk memberikan jaminan bahwa pelayanan publik angkutan laut terus berjalan dan tidak ada kekosongan pelayanan," kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Pandjaitan dalam sambutannya.

Baca Juga

Lollan mengatakan, dengan adanya kerja sama tersebut maka mobilitas masyarakat antar pulau, distribusi barang pokok dan penting ke daerah T3P dan distribusi ternak ke daerah sentra konsumsi dapat tetap berjalan tanpa adanya hambatan, khususnya dari ketersediaan sarana angkutan laut.

Ditjen Hubla menyelenggarakan kewajiban pelayanan publik tersebut melalui mekanisme penugasan yang dilakukan oleh perusahaan angkutan laut nasional milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diantaranya PT Pelni (Persero), PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), dan PT Djakarta Lloyd serta melalui mekanisme pemilihan penyedia jasa lainnya melalui E-Katalog dan proses tender yang diwakili oleh PT Aksar Saputra Lines dan PT Citra Baru Adinusantara.

Pada 2024, Ditjen Hubla akan melaksanakan kegiatan penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik yaitu penyelenggaraan kapal perintis sebanyak 107 trayek dengan skema penugasan kepada PT PELNI (Persero) sebanyak 30 trayek dan skema pemilihan penyedia jasa lainnya melalui sistem E-Katalog sebanyak 77 trayek.

Kegiatan pelayanan publik angkutan laut kapal perintis diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar wilayah terutama pada daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (T3P) serta menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi bagi wilayah yang belum berkembang dengan daerah yang sudah berkembang atau maju dan menghubungkan daerah yang moda transportasinya belum memadai;

Lalu, penyelenggaraan kapal barang Tol Laut sebanyak 39 trayek dengan skema penugasan sebanyak 16 trayek dan skema pemilihan penyedia jasa lainnya sebanyak 23 trayek.

Kegiatan pelayanan publik angkutan barang di laut atau yang biasa kita kenal dengan Tol Laut dilaksanakan dengan tujuan untuk menjamin tersedianya angkutan barang di laut dengan trayek tetap dan teratur serta terjadwal, menjamin ketersediaan barang pokok dan penting khususnya di wilayah (T3P) dan untuk mempengaruhi harga pasar yang mengurangi disparitas harga.

Selanjutnya, penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik kapal penumpang kelas ekonomi dengan skema penugasan kepada PT PELNI (Persero) sebanyak 26 trayek.

Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik (PSO) bidang angkutan laut untuk penumpang kelas ekonomi merupakan kegiatan subsidi yang diberikan oleh Pemerintah kepada masyarakat Indonesia untuk memberikan kemudahan atas kompensasi biaya akomodasi dalam penyelenggaraan layanan angkutan laut. Hal ini tentunya sebagai perwujudan pemerintah hadir kepada masyarakat untuk memberikan transportasi yang terjangkau.

Selanjutnya penyelenggaraan kapal Rede Transport dengan skema penugasan kepada PT PELNI (Persero) sebanyak 16 trayek.

Kegiatan kapal Rede Transport terselenggara bertujuan sebagai kapal feeder atau penghubung menuju pelabuhan-pelabuhan atau tempat-tempat yang tidak dapat disinggahi oleh kapal utama dikarenakan fasilitas pelabuhan yang belum lengkap, serta kedalaman alur dan kolam pelabuhan yang dangkal.

Serta penyelenggaraan kapal khusus angkutan ternak sebanyak 6 trayek dengan skema penugasan sebanyak 2 trayek dan skema pemilihan penyedia jasa lainnya sebanyak 4 trayek.

Selain itu, kegiatan pelayanan publik kapal khusus angkutan ternak yang bertujuan untuk mendukung kebijakan swasembada daging nasional serta menyediakan angkutan laut khusus ternak dengan mengutamakan kesejahteraan hewan di atas kapal (animal welfare).

Lollan berpesan kepada semua operator pelaksana pekerjaan untuk bekerja dengan penuh tanggung jawab, memberikan pelayanan yang prima, efektif dan efisien serta tetap mengutamakan keselamatan.

“Serta saya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi mengoptimalkan layanan penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik angkutan laut ini,” katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement