Rabu 27 Dec 2023 11:26 WIB

Luhut Kembali Bekerja, Istana: Tugas Erick Thohir Sebagai Menko Marves Berakhir

Luhut sudah pulih dan kembali aktif sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah pulih dan kembali aktif sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi. (ilustrasi).
Foto: Tangkap Layar youtube setpres
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sudah pulih dan kembali aktif sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana menyampaikan, tugas Erick Thohir sebagai Menko Marves Ad Interim sudah berakhir. Pasalnya, Luhut Binsar Pandjaitan yang sebelumnya tengah menjalani perawatan kesehatan kini sudah pulih dan kembali aktif sebagai Menko Kemaritiman dan Investasi.

"Bapak Luhut Panjaitan sudah kembali aktif sebagai Menko Marves sejak tanggal 15 Desember 2023. Dengan demikian tugas Bapak Erick Thohir sebagai Menko Marves Ad Interim sudah berakhir," ujar Ari, Rabu (27/12/2023).

Baca Juga

Sebelum kembali aktif sebagai Menko Marves, Luhut telah melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai kesiapannya untuk melanjutkan tugasnya. Luhut pun telah menandatangani sejumlah surat resmi sebagai Menko Marves.

"Sebelum aktif kembali sebagai Menko Marves, Bapak Luhut Panjaitan, telah melapor ke Presiden tentang kesiapan melanjutkan tugas/pekerjaan sebagai Menko Marves," kata Ari.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan disebut sudah mulai aktif kembali bekerja. “Sudah mulai aktif tapi masih belum gaspol. Belum kapasitas penuh agendanya,” kata Juru Bicara Menko Marves sekaligus Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves, Jodi Mahardi yang dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Jodi mengungkapkan, Menko Luhut juga telah menghadap dan melapor ke Presiden beberapa waktu lalu. “Menko LBP telah aktif sebagai Menko kembali. Beberapa hari yang lalu sudah menghadap ke Presiden dan lapor,” imbuh Jodi.

Luhut diketahui berada di Singapura untuk menjalani pemulihan kesehatan. Luhut menjalani perawatan di Singapura sejak Oktober 2023. Selama Luhut mendapatkan perawatan di Singapura, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement