Jumat 22 Dec 2023 14:31 WIB

Mau Jadi Negara Maju, Luhut Sebut Ekonomi Indonesia Harus Tumbuh 6 Persen

Luhut ingatkan pemimpin mendatang untuk memanfaatkan bonus demografi Indonesia

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pesan video di COP28, Dubai, UEA.
Foto: (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam pesan video di COP28, Dubai, UEA.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia harus bisa diatas 6 persen. Hal ini menjadi modal utama agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Karena kita berpacu pada waktu. Untuk itu, saya akan buat projectory Indonesia sampai 2045, negara harus tumbuh di atas 6 persen," kata Luhut dalam paparannya, Jumat (22/12/2023).

Luhut mengatakan jika ini tidak dikejar saat ini maka tahun tahun mendatang Indonesia perlu mengejar pertumbuhan ekonomi yang lebih besar lagi bahkan hingga di atas 8 persen. "Kalau nggak 5 persen, kita butuh ngejar sampai 8 persen. Kita siapkan proyek yang saat ini kita kembangkan," ucap Luhut.

Di sisi lain Indonesia juga perlu memanfaatkan bonus demografi yang bakal berakhir tahun 2045. Dengan berbagai masalah kompleks yang ada Luhut meminta semua pihak kompak menghadapi itu.

"Saya ingin sampaikan pada masyarakat luas dan calon-calon presiden dan pemimpin, kita menghadapi masalah yang kompleks. Kita harus kompak untuk itu," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement