Kamis 21 Dec 2023 22:30 WIB

Blue Bird Dukung Penyediaan Transportasi Ramah Lingkungan di IKN

Blue Bird juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).
Foto: Dok. Kris - Biro Pers
Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan istana dan kantor presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (21/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan groundbreaking peluncuran transportasi ramah lingkungan Blue Bird Group di IKN, Penajam Paser Utara, Kamis (21/12/2023). Ia pun mengapresiasi investasi Blue Bird Group untuk menyediakan transportasi ramah lingkungan di IKN. Pengembangan sistem transportasi ramah lingkungan Blue Bird Group ini dilakukan dengan nilai investasi sebesar Rp 250 miliar.

"Saya senang dan menyambut gembira transportasi ramah lingkungan di IKN oleh Blue Bird Grup dengan investasi sebesar Rp 250 miliar," kata Jokowi.

Baca Juga

Ia menyebut, peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN.

"Memang konsepnya sejak awal IKN adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasi hijau, listriknya hijau, energi hijau, semuanya harus hijau," ujarnya.

"Dan investasi yang ditanamkan Blue Bird Grup akan digunakan untuk pengembangan sistem transportasi yang ramah lingkungan," lanjut dia.

Beberapa di antaranya yakni melakukan pengadaan bus rapid transit listrik untuk mendukung layanan perkotaan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN. Selain itu, Blue Bird Group juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan teknologi pintar, seperti penyediaan halte, park and drive, transfer point depo, dan charging point.

"Saya mengapresiasi sangat menghargai Blue Bird Group untuk mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN, untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan bersih dan sehat," ungkap Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement