Kamis 21 Dec 2023 19:40 WIB

Menparekraf Optimistis Kehadiran Bioskop Tingkatkan Pariwisata Daerah

Ia berharap bisnis bioskop menyerap tenaga kerja dan mengangkat film lokal.

Nonton Bareng Sandiaga Uno. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (tengah) bersama artis pendukung menonton Film The Power of Love di Jakarta, Senin (15/5).
Foto: Republika/ Wihdan
Nonton Bareng Sandiaga Uno. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (tengah) bersama artis pendukung menonton Film The Power of Love di Jakarta, Senin (15/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BELITUNG -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno optimistis kehadiran bioskop NSC X Meirobie di Belitung mampu meningkatkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah itu.

"Bioskop NSC X Meirobie harus memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Belitung terutama membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya," kata Sandiaga saat meresmikan bioskop NSC X Meirobie di Tanjung Pandan, Kamis (21/12/2023).

Baca Juga

Sandiaga berkeyakinan kehadiran bioskop NSC X Meirobie mampu menggeliatkan kondisi pariwisata dan ekonomi kreatif di Negeri Laskar Pelangi. Ia mengapresiasi, kehadiran kembali bioskop di Belitung setelah 22 tahun lamanya bioskop berhenti beroperasi di daerah itu.

"Saya sangat mengapresiasi dan bersyukur setelah 22 tahun vakum, hadir kembali bioskop di Belitung," ujarnya.

Ia menilai, kehadiran kembali bioskop di Belitung sebagai sejarah yang berulang, karena kakek dari pemilik bioskop NSC X Meirobie yaitu Isyak Meirobie merupakan seorang pengusaha yang dulunya sempat menghadirkan bioskop di Belitung.

Sandiaga mengingatkan, Belitung menjadi sangat hits dan fenomenal karena sebuah film yaitu Laskar Pelangi. "Maka saya usul tadi bagaimana film itu bisa diputar kembali atau memutar film-film Indonesia yang kini telah menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujarnya.

Selain itu, Sandiaga juga mengapresiasi bioskop NSC X Meirobie dan kawasan ekonomi kreatif di sekitarnya yang telah menyerap sebanyak 400 tenaga kerja. Ia berharap, kehadiran bioskop di Belitung akan membuat ekosistem perfilman semakin berkembang dan melahirkan sineas-sineas muda dari Pulau Belitung.

"Tadi kami juga sudah memutuskan NSC X Meirobie sebagai salah satu lokal Festival Film Bulanan di 2024 nanti," kata Sandiaga.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement