Ahad 17 Dec 2023 19:00 WIB

Bank Mandiri Hadirkan Fitur Tap to Pay di Aplikasi Livin'

Dengan Tap to Pay, nasabah bisa langsung membayar tanpa login di aplikasi Livin.

Karyawan menunjukkan aplikasi Livin by Mandiri saat pembukaan event Livin Fest di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (14/9/2023).
Foto: Dok Republika
Karyawan menunjukkan aplikasi Livin by Mandiri saat pembukaan event Livin Fest di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (14/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menghadirkan fitur Tap to Pay yang memudahkan nasabah menggunakan pilihan pembayaran untuk transaksi yang lebih cepat.

Dengan demikian, nasabah bisa langsung membayar pembelian produk apapun dengan satu kali tap menggunakan Tap to Pay, tanpa perlu login di aplikasi Livin' hanya dalam hitungan detik. "Proses pembayaran akan langsung berhasil tanpa menunggu lama, Anda bisa segera membawa belanjaan atau keperluan yang Anda beli. Cepat dan nyaman," kata Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Timothy Utama di Jakarta, Ahad (17/12/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan tahapan pengaktifan fitur Tap to Pay sangat mudah. Pertama, nasabah dapat membuka aplikasi Livin’ dan memilih menu Tap to Pay di halaman utama, lalu nasabah diarahkan untuk memilih jenis kartu debit atau kredit yang digunakan sebagai sumber dana.

Apabila nasabah sudah memilih jenis kartu yang ingin digunakan, selanjutnya nasabah bisa memilih "Aktifkan Kartu untuk Tap to Pay" dan memasukkan PIN Livin’, lalu fitur Tap to Pay sudah berhasil diaktifkan. Fitur Tap to Pay memungkinkan nasabah bertransaksi di mana saja, bahkan hingga ke luar negeri, sebab fitur tersebut diterima di jaringan Visa dan Mastercard di seluruh dunia.

Timothy mencontohkan, seperti saat momen Natal dan Tahun Baru yang akan tiba, di mana banyak orang yang berencana menikmati liburan panjang, seperti pergi di dalam negeri maupun ke luar negeri, berbelanja, atau wisata kuliner. "Tidak perlu repot ganti kartu apalagi bawa kartu, just a tap away using Tap to Pay! Pakai sumber dana kartu debit hingga kredit Visa atau Mastercard, semua bisa," ujar Timothy menambahkan.

Selain memudahkan nasabah untuk tidak perlu mengeluarkan kartu saat bertransaksi, kata dia, fitur tersebut juga berperan membantu mencegah informasi sensitif seperti tanggal kedaluwarsa (expiry date) atau nilai verifikasi kartu (Card Verification Value/CVV) terekspos saat bertransaksi di kasir. Fitur tersebut pun dapat menghindari risiko terjadinya kejahatan Radio Frequency Identification (RFID) skimming yaitu modus kejahatan yang dapat mencuri data pribadi kartu dengan menggunakan perangkat pemindai RFID.

Saat menggunakan fitur Tap to Pay, nasabah hanya perlu memilih "Tap di Sini untuk Bayar" dan mendekatkan ponsel pintar ke mesin Electronic Data Capture (EDC). Adapun saat ini fitur Tap to Pay hanya dapat digunakan oleh pengguna Android.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement